Cara Praktis Cuci Batik

Melihat Pembuatan Batik di Bandung Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Batik merupakan sebuah warisan budaya yang patut dibanggakan. Apalagi, kini pamor batik semakin meningkat di dunia internasional. Bukan hanya karena batik memiliki nilai seni dan filosofi yang tinggi, tapi juga karena batik dianggap versatile, bisa digunakan di berbagai kesempatan.

Batik Alleira Hadirkan Sisi Feminisme Wanita Urban

Dalam memperingati Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober mendatang, salah satu brand detergen mengeluarkan terobosan terbaru, yakni trik mencuci batik dengan mudah. Seperti yang telah diketahui, mencuci batik tidak seperti mencuci pakaian biasa. Ini karena karakteristik dan proses pembuatan batik serta bahan yang digunakan tidak seperti pakaian biasa.

"Saat ini banyak orang mengenakan batik. Bahkan sudah menjadi pakaian wajib. Namun, mereka tidak memperhatikan cara mencuci batik yang benar," ujar Susilowati, Associate Vice President Marketing Fabric Home Care & Human Health Care PT KAO, saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan,  Rabu, 30 September 2015.

Wali Kota Amerika di Somersworth Bangga Pakai Batik

Dia menerangkan, mencuci batik saat ini adalah hal yang sering disepelekan. Untuk itu, Attack menghadirkan pembersih batik khusus yang bisa membantu para pecinta batik mencuci batik secara mudah. Tak perlu khawatir warna batik pudar, karena formula dalam detergen khusus tersebut dapat menjaga warna alami batik.

Cara penggunaannya sama dengan detergen pada umumnya. Anda hanya menakar detergen cair tersebut secukupnya pada batik Anda lalu bersihkan secara lembut. Satu hal yang harus diingat, yakni hindari menjemur batik di terik matahari secara langsung. “Itu yang menyebabkan warna batik mudah pudar."

Tips Merawat Kain Tradisional Nusantara

(mus)

Ilustrasi Sweater

Trik Jitu Mencuci Sweater Agar Tidak Menyusut

Mencuci sweater tak semudah yang dibayangkan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2016