Tips Merawat Kain Tradisional Nusantara

Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id - Menjaga keindahan kain Nusantara seperti batik dan tenun ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Kain traisional Indonesia tidak bisa diperlakukan seperti kain pada umumnya. 

Batik Alleira Hadirkan Sisi Feminisme Wanita Urban

Kesalahan dalam penyimpanan dan perawatan justru akan membuat kain menjadi cepat rusak, warnanya cepat pudar dan menurunkan kualitasnya.

Lalu, bagaimana cara merawat kain Nusantara dengan tepat?

Wali Kota Amerika di Somersworth Bangga Pakai Batik
"Untuk menyimpan kain Nusantara sebaikanya digulung kemudian dilapisi kertas. Hindari melipat kain karena akan membuat benangnya patah," ujar seniman sekaligus perancang busana, Sjamsidar Isa saat ditemui pada acara IKON Pameran Kain Nusantara di kawasan Jakarta Selatan, Senin, 25 Januari 2016.
 
Intip Koleksi Batik Nusantara di Museum Batik Pekalongan
Lebih lanjut dia menambahkan bahwa untuk menyimpan kain nusantara, dia biasa melapisinya dengan beberapa tingkat. Kemudian setelah kain digulung, ia lalu menggunakan kertas minyak sebagai lapisan selanjutnya.
 
Tidak berhenti disitu, wanita yang baru saja berulang tahun ini juga menaburkan merica pada lapisan gulungan kain. Hal ini untuk menghindari kain dihinggapi hewan kecil yang dapat merusak keindahan kain.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya