Hari Nasional, Penjual Batik Ragu Beri Diskon

busana batik Kudus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Batik Generasi Muda Danar Hadi dengan Sentuhan Modern
- Setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia memperingati hari batik Nasional. Pakaian tradisional Indonesia tersebut, merupakan warisan budaya asli Indonesia. 

Carita Dasa Windu, Hadiah Eksklusif untuk Habibie
Walalupun telah mempunyai hari peringatan, ternyata penjualan batik belum begitu menggembirakan dibanding produk fesyen lainnya. Atas alasan itu, beberapa pelaku usaha batik tidak memberikan diskon khusus di hari batik nasional pada hari ini.

Batik Alleira Hadirkan Sisi Feminisme Wanita Urban
Tira (44), salah satu pegawai di butik khusus batik yang berada di Mall Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara, mengungkapkan tokonya tidak memberi diskon khusus di hari batik nasional ini, karena sehari-harinya, penjualan batik tidak begitu banyak.

"Kalau untuk diskon agak susah, karena (penjualan) sepi," kata Tira, Jumat 2 Oktober 2015.

Batik yang hanya dipakai untuk acara tertentu dan sifatnya sebagai suvenir, dikatakan Tira, menjadi alasan batik belum mampu bersaing dengan produk fashion lainnya.

Dia berharap, dengan peringatan batik nasional yang terus dilakukan secara konsisten, minat masyarakat terhadap produk tersebut bisa meningkat dan akhirnya dapat mendongkrak penjualan.  

"Semoga bisa ramailah (dengan hari batik nasional ini)," tambahnya.

Sekedar informasi, Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh Unesco (Badan PBB bidang Kebudayaan).

Hari batik pertama kali ditetapkan pada 2 Oktober 2009, dan selanjutnya diperingati setiap tahunnya. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya