Musim Hujan Diprediksi Tiba Desember

Mengemudi saat hujan. Foto spion mobil.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake
VIVA.co.id
BMKG: Jabodetabek Hujan Mulai Siang sampai Malam
- Deputi Bidang Geofisika, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Masturyono, menyebut bahwa musim hujan diprediksi akan tiba pada akhir tahun. Namun, prediksi ini diperkirakan berbeda tiap wilayah.

BMKG: Hujan Merata Guyur Jabodetabek Rabu Malam Nanti

Menurut Masturyono, terkait zona musim, maka musim hujan berbeda di tiap wilayah. Zona itu dipengaruhi oleh faktor lokal, sehingga musim hujan, misalnya di Jawa Barat dan Jawa Timur akan berbeda.
BMKG: Jabodetabek Bakal Hujan Siang dan Malam


"Berdasarkan prediksi, memang secara umum itu bulan Desember. Tetapi, yang perlu diketahui, sering disampaikan oleh BMKG, awal musim hujan berbeda satu sama lain karena ada zona musim," kata Masturyono kepada
Viva.co.id
di gedung BPPT, Jakarta Pusat, Rabu 21 Oktober 2015.


Selain zona musim, ia menyebut, tanda arah angin pun bisa menjadi faktor untuk mengetahui musim hujan yang akan datang. Namun, ditegaskannya, faktor lokal menjadi faktor yang dominan menentukan musim hujan.


"Lihat di Aceh, hujan sudah lama. Ini juga sama. Semakin Selatan, polanya begitu. Kita ada dua sisi, sebelah Utara Ekuator dan Selatan Ekuator. Dalam kondisi ini, Selatan kering, tetapi Utara sudah basah," jelas Masturyono.


Puncak hujan pun, diprediksi BMKG, akan berbeda. Jika musim hujan dimulai pada Desember, ia menyatakan, puncak hujan akan jatuh pada bulan Januari dan Februari.


Jika puncak hujan menghampiri, tentu berimbas bencana banjir di daerah-daerah yang rawan. Hal itu, menurut Masturyono, bisa dicegah sejak dini dengan perbaikan aliran sungai.


"Semua daerah pasti ada potensi banjirnya. Terutama, yang berpenduduk padat, resapan tanah kurang, dan aliran sungai yang ciut. Contohnya seperti Jakarta, yang banjir tiap tahun," ujarnya.


Namun, kata Masturyono, Jakarta kini sudah mulai ada perbaikan. Hal yang wajar, jika Jakarta banjir setiap tahun karena tergantung pada perbaikan ke depannya untuk pencegahan. Namun, hal penentu utama itu adalah curah hujan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya