Penelitian: 'Terima Kasih' Kata Ajaib Agar Pernikahan Awet

Kakek nenek bahagia.
Sumber :
  • lovelyparents.com

VIVA.co.id - Membuat pernikahan langgeng, ternyata bukanlah hal yang sulit. Menurut sebuah penelitian, hanya mengucapkan sebuah kata ajaib akan membuat pernikahan awet, ketimbang mengikuti terapi, atau menghamburkan uang untuk hadiah.

Peneliti menemukan, untuk membuat pernikahan bertahan lama, yang harus dilakukan hanyalah berkata 'terima kasih' kepada pasangan. Ini menunjukkan sebuah penghargaan dan betapa pasangan sangat berharga bagi kita. Dalam penelitian tersebut, kata-kata itu ternyata dianggap cukup berpengaruh dalam pernikahan.

Teori ini diungkap oleh para ilmuwan di Georgia University dalam sebuah survei yang melibatkan 468 pasangan menikah. Mereka ditanya mengenai kondisi keuangan, cara berkomunikasi dan apakah mereka merasa bahagia dengan kehidupan saat ini.

"Ternyata, ini merupakan kekuatan yang berasal dari sebuah hal yang simpel. Kekuatan kata 'terima kasih' yang mampu menunjukkan rasa penghargaan dan memengaruhi pernikahan seseorang. Bahkan, jika pasangan menghadapi masalah dan kesulitan dalam hidup, rasa terima kasih dalam sebuah hubungan bisa memberikan pengaruh positif dan menghasilkan pemikiran yang positif pula," ujar Allen Barton, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis, 22 Oktober 2015.

Studi itu juga menemukan jika level ucapan 'terima kasih' bisa melindungi pasangan dari berdebat yang tidak perlu.



Menikahi teman baik

Peneliti juga menemukan teori, seseorang akan lebih bahagia saat menikah ketimbang harus menjomblo.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Bahkan, pasangan suami istri akan merasa lebih bahagia, jika mereka menikah dengan teman baiknya sendiri.

Pasangan menikah mengaku sangat menikmati bulan madu pertama dan kedua, sesaat setelah pernikahan. Saat mereka tidak mengalami stres karena pekerjaan, memiliki kewajiban merawat anak, atau menjaga orangtua.

"Memiliki seseorang untuk bisa diajak bicara di masa-masa sulit adalah cara yang baik untuk membuktikan bahwa menikah itu lebih baik, ketimbang menjomblo. Apalagi menikah dengan teman baik, membuat mereka merasa lebih bahagia," tulis laporan dari penelitian itu. (asp)

Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016