Federal Reserve Masih Tunda Kenaikan Suku Bunga

Kantor Bank Sentral Amerika Serikat.
Sumber :
  • REUTERS/Gary Cameron/Files
VIVA.co.id
Tunggu Data Tenaga Kerja, Wall Street Bergerak Datar
- Federal Reserve pada Rabu, 28 Oktober 2015 waktu New York, mengumumkan masih menunda rencana menaikkan suku bunganya yang mendekati nol selama lebih dari sembilan tahun.

Dolar Menguat Bikin Harga Emas Merosot
Dilansir CNBC, Kamis, 29 Oktober 2015, Federal Open Market Committee (FOMC) yang digelar dua hari, memutuskan bahwa tetap akan mempertahankan suku bunganya mendekati nol persen.

Harga Minyak AS Naik, Wall Street Bergerak Positif
Hal tersebut, karena masih melemahnya data ekspor dan inflasi Amerika Serikat.

Reaksi awal pada awal keputusan tersebut cukup akomodatif. Beberapa lainnya menafsirkan bahwa The Fed akan mempertimbangkan kedua faktor itu untuk menentukan kenaikan suku bunga pada pertemuan berikutnya.

"The Fed sepertinya terus menemukan lebih banyak dan lebih banyak cara untuk mengatakan hampir tidak ada kenaikan suku bunga di pasar. Mereka sepertinya ingin tetap menjaga pilihan terbuka mereka bahwa kenaikan suku bunga akan terjadi di Desember," kata Michael Arone, Kepala Strategi Investasi State Street Global Advisors.

Keputusan tetap menunda kenaikan suku bunga The Fed muncul karena melemahnya beberapa data perekonomian, khususnya di sektor lapangan pekerjaan dan inflasi.

Namun, pasar tetap mengurai pernyataan The Fed sebagai indikasi kapan kenaikan suku bunga akan dilakukan. Pada September kemarin, The Fed menyatakan akan memantau perkembangan ekonomi dan keuangan pasar global. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya