Cara Borobudur Pikat Pengunjung

Wisata Matahari Terbit Borobudur
Sumber :
  • Antara/Andreas Fitri Atmoko
VIVA.co.id
Borobudur akan Dikelola oleh Satu Badan
- Borobudur tak hanya dikenal sebagai tempat wisata sejarah yang memiliki panorama indah.  Di sini, juga sering digelar acara olahraga. Dan, untuk ketiga kalinya, Borobudur International 10K dan Half Marathon bakal digelar. Tahun ini, acara ini akan kembali dihelat 15 November 2015 mendatang, di Taman Lumbini, komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Banyak Destinasi, Ini Alasan Wisata Jateng Belum Terjual

Para peserta tidak hanya dari pelari profesional tetapi wisatawan pun bisa turut berpartisipasi. Mereka akan berlari menjelajahi kawasan Candi yang masuk situs warisan dunia tersebut.
Kini Borobudur Jadi Branding Kereta Api Semarang


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, Prasetyo Ariwibowo, menjelaskan, acara ini diadakan sebagai salah satu langkah promosi pariwisata Jawa Tengah serta mendukung untuk mencapai target kunjungan wisman ke Indonesia.


"Ini didukung 20 juta wisman. Borobudur juga sebagai pintu masuk ke Jawa Tengah," katanya dalam jumpa pers Borobudur International 10K & Half Marathon di Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.


Lebih lanjut Prasetyo menjelaskan bahwa ajang lari di Borobudur memiliki berbagai rangkaian acara. Pertama, pemilihan duta wisata Jawa Tengah. Kedua, menggabungkan tour the Borobudur ada 1000 bikers sepanjang 88 km. Ketiga, gala dinner Borobudur jazz festival. Keempat, Borobudur international 10K.


Ajang ini terbuka untuk elit nasional, elit internasional, umum, TNI / Polri serta pelajar. Pendaftarannya mulai 1 Oktober sampai 13 November 2015. Hadiah Borobudur Internasional 10K dan Half Marathon pun cukup menggiurkan dengan total Rp 1,6 Miliar.


Jika acara tahun ini cukup sukses, maka tahun depan ajang lari di kawasan Borobudur akan kembali digelar dengan hadiah berlipat. Hal ini dilakukan agar ke depannya semakin banyak peserta yang tertarik ikut Borobudur International 10 K dan Marathon.


"Ini kita dukung terus. Semakin tinggi hadiah, semakin menarik. Tahun sekarang kan hadiahnya Rp 1,6 miliar. Untuk tahun depan menjadi Rp 3 miliar," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya