Paripurna Pakai Masker, Pimpinan DPR Gagal Pikir

Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin.
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin menilai sikap yang ditujukan oleh pimpinan DPR hari ini dalam rapat paripurna DPR dengan memakai masker dan bahkan memerintahkan seluruh anggota DPR untuk memakai masker dan shalat Istiqo dianggap telah gagal pikir.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Pertama, harus diakui memang, bahwa bencana asap telah menyengsarakan ribuan rakyat, sekolah ditutup anak anak tak bisa belajar, penyakit ISPA meraja lela, penerbangan terhenti, nelayan tak bisa melaut, negara tetangga pun protes dan belasan anak-anak meninggal karena gagal nafas.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


"Seluruh anggota DPR prihatin dengan bencana ini. Tapi apakah solusinya dengan cara memakai masker saat sidang? Menurut saya ini yang gagal pikir, mestinya sebagai anggota DPR yang memiliki kewenangan legislasi dan budgeting melakukan upaya nyata sesuai kewenangannya," ujar Tubagus, Jumat 30 Oktober 2015.


Ia mencontohkan, misalnya DPR mendorong penambahan anggaran untuk kabupaten-kabupaten yang kena asap, terutama untuk biaya pemadaman dan biaya pengobatan rakyat.


"Bisa juga membuat regulasi atau Undang-undang larangan membakar lahan dll. Memakai masker saat sidang bukan tindakan riil yang dibutuhkan rakyat, dan hanya jadi bahan ketawaan mereka yang benar-benar sesak nafas," jelasnya.


Selanjutnya ia melihat pimpinan DPR memerintahkan anggota DPR memakai masker dan salat Istiqo juga kurang tepat, karena pimpinan DPR bukan komandan yang bisa memerintah fraksi lain.


Salat Istiqo juga sudah kurang tepat waktunya, mestinya sebulan yang lalu dilaksanakan. Saat ini beberapa daerah seperti Palangkaraya, Jambi dan Riau sudah jatuh hujan. Jangan sampai shalat Istiqo yang sakral itu dipakai jadi panggung politis pimpinan DPR, katanya.


"Sekali lagi mari kita wujudkan keprihatinan kepada korban bencana asap ini dengan tindakan yang nyata. Kepada pimpinan DPR pun saya himbau untukĀ  lebih banyak lagi belajar tentang leadership terutama kepemimpinan kolektif kolegial," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya