Jalan 134 Kilometer, Robot China Masuk Rekor Dunia

Robot buatan China bisa jalan 134 kilometer
Sumber :
  • ecns.com
VIVA.co.id
Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)
- Robot berkaki empat buatan China masuk dalam rekor dunia. Robot itu mampu berjalan hingga 134 kilometer dalam waktu 54 jam, mengalahkan capaian sebelumnya yang dipegang oleh robot Amerika.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Robot bernama Xingzhe No 1 itu dibuat oleh tim peneliti dari Chongqing University jurusan Pos dan Telekomunisi. Robot berkaki empat dikembangan sejak November 2014 lalu. Purwarupa pertama Xingzhe pernah dipameran pada Januari lalu.
Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure


"Robot itu berjalan memutari ruangan tertutup, dimulai 24 Oktober dan berakhir 27 Oktober 2015. Total ada 340.000 langkah sebelum akhirnya berhenti dan mengisi daya," ujar Prof. Li Qingdu, pemimpin tim robot Xingzhe, seperti dikutip dari Xinhua, Senin, 2 November 2015.


340.000 Langkah itu sejajar dengan jarak sekitar 134,03 kilometer. Jarak ini ditempuh dalam kurun 54 jam dengan menggunakan energi berkapasitas 0,8 kwh.


Langkah ini mengalahkan rekor yang pernah diraih robot ciptaan tim dari Amerika. Robot yang dikembangkan oleh tim di Cornell University, Amerika Serikat itu mampu berjalan sejauh 65 kilometer dalam waktu 30 jam dengan menggunakan energi listrik berkapasitas 0,5 Kwh.


"Tugas peneliti secara keseluruhan bukan hanya soal daya tempuh tapi juga mempelejari efisiensi listrik dan meningkatkan kehandalan robot," ujar Li.


Li menambahkan, penelitiannya tidak akan berhenti sampai di sini. Dia dan tim akan lanjut mencari kemungkinan robot melakukan hal-hal berbahaya.


"Kita bisa menerapkan teknologi dan proses yang terlibat untuk berbagai perangkat robot agar mereka lebih efisien, tahan lama dan dapat diandalkan. Di masa depan kita bisa mulai menggunakan robot ini untuk tugas-tugas berbahaya atau di lokasi terpencil," ujar Li.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya