Komoditas Ini Dorong Inflasi Manado Tertinggi di Indonesia

Perang Tomat
Sumber :
  • VIVA/Mega Dwi
VIVA.co.id
Ekonomi Tumbuh karena Pemerintah Lakukan Ini
- Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara, Peter Jacobs, mengungkapkan, terus merangkak naiknya harga sayur mayur, khususnya tomat sayur dan daun bawang, mendorong inflasi di Kota Manado menjadi yang tertinggi di Indonesia. 

Jokowi Minta Kepala Daerah Bentuk Tim Pengendalian Inflasi
Pemerintah melalui otoritas terkait, khususnya Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik, harus segera melakukan langkah stabilisasi. Manado pada Oktober lalu mencatat inflasi 1,49 persen.

Jokowi Luapkan Kekesalahan kepada Ratusan Kepala Daerah
Peter mengungkapkan, jalur distribusi yang kurang memadai menjadi kendala utama mengapa komoditas tersebut harganya bergejolak saat ini.  

"Di Ternate harganya mahal. Terus sisa tomat yang di Manado naik gila-gilaan. Memang ada pihak-pihak yang mencari keuntungan tanpa mikir harganya naik," ujar Peter di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu malam 8 November 2015.

Dia mengatakan, fungsi penyanggah harga pangan yang dimiliki Bulog dalam hal ini, harus secara otomatis berjalan. Di masa depan gejolak tersebut mampu diredam. 

"Pemerintah, harus melakukan sesuatu seperti, komoditas nonberas harus dijaga oleh Bulog. Karena harga tomat, bawang, cabai, itu ditentukan distributor," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya