Pertamina Klaim Pengguna Pertalite Makin Banyak

BBM Pertalite di SPBU Abdul Muis Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Sejak pertama kali diluncurkan, PT Pertamina mencatat konsumsi Pertalite sebanyak ratusan ribu kiloliter (KL).

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Perusahaan pelat merah itu juga mengklaim sudah ada ribuan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang menjual BBM RON 90 ini.

"Dari Juni-Oktober kemarin, konsumsi Pertalite sebanyak 178.230 KL," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, kepada wartawan di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Surabaya, Selasa 10 November 2015.
Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

Wianda mengatakan, jumlah SPBU yang menjual Pertalite sebanyak 1.642 SPBU di 250 kota di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. BUMN energi ini menargetkan hingga akhir tahun ini ada 1.920 SPBU yang menjual Pertalite. Sementara itu, pangsa pasar Pertalite mencapai 11 persen dari total pasar BBM.
Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan

"(Konsumsi) ini merupakan jumlah mengembirakan. Masyarakat punya pola preferensi konsumsi BBM sesuai dengan jenis kendaraannya," kata dia.

Menurut Wianda, di daerah Jawa Timur ada pergeseran konsumsi BBM dari Premium ke Pertalite. Sebelumnya, konsumsi Premium di Jawa Timur sebanyak 6.500 KL per hari. Kini, konsumsinya berkurang menjadi 6.000 KL per hari. "Ada 500 KL (dari premium) pindah ke pertalite," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya