Pantai Pancer, Desa Nelayan Indah untuk Berselancar

Pantai Pancer
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

VIVA.co.id - Selain Pulau Merah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik. Wilayah itu disebut Pantai Pancer.

Pantai ini  terletak di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.  Sebenarnya pantai ini berada dalam satu baris pantai Pulau Merah.
 
Di pantai ini, para wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai laut selatan yang berwarna biru. Tidak hanya menikmati keindahan pantai, wisatawan juga bisa menikmati keelokan laut secara langsung dengan naik kapal nelayan yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar.

Birunya Pantai Wini, Bikin Betah Berlama-Lama

Pantai Pancer
 
Tempat ini tak pernah sepi pengunjung, baik yang ingin membeli ikan hasil tangkapan nelayan setempat maupun yang hanya sekedar berwisata. Pancer adalah desa para nelayan karena sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. Namun pengunjung tak perlu khawatir dengan bau amis.
 
Di sisi kanan pantai Pancer, terdapat sebuah dermaga yang tersusun dari batuan besar dan berbentuk memanjang. Anda dapat berjalan-jalan di atas sana. Dari ujung dermaga, Anda dapat melihat perairan Samudera Hindia.
 
Di pagi hari, sekitar pukul 9 atau 10, Anda akan melihat banyak kapal nelayan. Dengan kata lain, di jam itu, pinggir pantai menjadi  tempat parkir perahu nelayan.

“Tahun 1994 pernah terjadi bencana Tsunami dahsyat yang menyapu area Pantai Pancer ini dan memakan korban jiwa hampir 300 orang,” ujar Aryo, warga setempat.
 
Pancer terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi. Bisa dicapai dalam waktu 10 menit dengan sepeda motor. Untuk sampai ke Pantai Pancer, sama seperti jalan ke Pantai Pulau Merah.

Pantai Pancer
 
Jika Pulau Merah jalannya lurus, maka untuk ke Pancer belok ke kanan. Jalannya cukup mudah karena sudah beraspal dan tidak berliku. Nama Pancer berasal dari nama pengendali perahu.
 
Beberapa homestay dan penginapan bisa ditemukan tidak jauh dari pantai ini. Homestay ini juga menyewakan surfing board, sepeda motor, dan jasa pelatihan bagi yang tertarik untuk belajar surfing.

Piknik Asyik di Pantai Mangsit, Lombok
Pintu Masuk Pantai Balongan Indah

Balongan, Destinasi Wisata Pantai Eksotis di Indramayu

Salah satu pantai yang lingkungannya masih asri.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016