Jambore Sosialisasi Empat Pilar ke-2 Resmi Ditutup

Ketua Biro Persidangan dan Sosialisasi MPR M. Rizal
Sumber :

VIVA.co.id – Berkobarnya api unggun di tengah lapangan upacara bumi perkemahan Jatinangor, Jawa Barat pada Minggu 29 November 2015 malam menjadi tanda ditutupnya pelaksanaan Jambore sosialisasi empat pilar kerjasama MPR dengan Kwarnas Gerakan Pramuka. Ketua Biro Persidangan dan sosialisasi MPR M. Rizal SH, MSi, selaku pemimpin upacara menyulut api untuk menyalakan api unggun. Pada kesempatan tersebut peserta menyampaikan tekad dan kesetiaannya untuk mendukung dan mengamalkan Empat Pilar.

Lahir 17 Agustus, Empat Bayi di Lamongan Dapat Bingkisan

Turut hadir pada prosesi penutupan perkemahan sosialisasi, itu wakil Ketua kwarnas gerakan Pramuka  Dr. Susi  Yuliati M. Si selaku Pembina Anggota dewasa. Juga Kwarda Pramuka Jawa Barat, dan undangan.

Saat menyampaikan sambutannya  M. Rizal,  antara lain menyampaikan harapannya, agar materi sosialisasi yang sudah didapat selama pelaksanaan jambore  bisa diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. Bukan hanya dipahami tapi bisa menjadi bagian dari kebudayaan. Demikian juga menyangkut pengetahuan tentang konstitusi dan sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

PAN: Amandemen Capres 'Orang Indonesia Asli' Bisa Dilakukan

"Semoga kegiatan ini bisa mendorong kesadaran kita bersama untuk terus memperbaiki kehidupan berbangsa dan bernegara", kata Rizal.

Sebagai bangsa yang besar, menurut Rizal generasi mudah harus bisa lebih membuka diri untuk mengenal dan menerima keberagaman yang dimiliiki Indonesia. Ini penting karena pemahaman terhadap kebhinekaan akan berperan penting dalam mendukung  kuatnya negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pimpinan MPR Jenguk Irman Gusman di Rutan Guntur

Sementara Dr. Susi  Yuliati M. Si, yakin pemahaman dan penerapan empat pilar merupakan kebutuhan bagi bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. Terlebih bagi generasi muda yang akan menjadi pemimpin dimasa yang akan datang. Karena pemahaman yang benar terhadap empat pilar akan membuat Indonesia semakin besar, dan mampu bersaing dengan negara-negara lain di dunia.   

Jambore sosialisasi empat pilar yang berlangsung sejak 27-30 November, ini merupakan kegiatan kemah kedua yang dilaksanakan MPR bersama kwarnas pada 2015 ini. Sebanyak 250 peserta wakil dari kwarcab Depok, Bogor dan Sukabumi ikut dalam acara tersebut.

Aziz Syamsudin bersama Presiden Jokowi. (FOTO: Istimewa)

Golkar Milenial Dukung Aziz Syamsudin Jadi Ketua MPR

Aziz dinilai mampu membangun kesimbangan dan keselarasan

img_title
VIVA.co.id
27 September 2019