Kata Bos Facebook Soal Isu Donasi untuk Kemplang Pajak

CEO Facebook, Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • Facebook Mark Zuckerberg

VIVA.co.id - Donasi yang dilakukan oleh Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg, dengan memberikan 99 persen saham perusahaannya atau setara US$45 miliar menuai banyak kritik dan pandangan sinis. Donasi tersebut disampaikan untuk merayakan kelahiran anak pertama pasangan Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan.

Isu yang beredar menyebutkan, sikap 'dermawan' Zucker‎berg itu untuk menghindari pajak pendapatan. Geram dengan isu-isu mi‎ring yang beredar, bos Facebook itu buka suara.

"Fokus awal kami (donasi) untuk pendidikan, menyembuhkan‎ penyakit, menghubungkan masyarakat dengan komunikasi yang kuat. Kita sudah banyak melakukan investasi selama lima tahun terakhir pada area tersebut. Kalian bisa melihat investasi itu pada laman Chan Zuckerberg Initiative," ujar Zuck, sapaan akrab Zuckerberg dilansir Tech Crunch, Jumat, 4 Desember 2015.

Mengenai isu donasi untuk menghindari pajak, pria 31 tahun itu menjelaskan kalau‎ penataan entitas pada Chan Zuckerberg sebagai limited liability company (LLC), yang sahamnya akan tetap dikenakan pajak. Untuk diketahui, LLC merupakan badan hukum hibrida yang memiliki karakteristik perusahaan dan kemitraan.

"Dengan menggunakan LLC bukan dasar tradisional, kami tidak menerima manfaat pajak dari memberikan saham kami ke Chan Zuckberg Initative, tapi kami memperoleh fleksibilitas untuk menjalankan misi kami agar lebih efektif. Dan seperti orang lain, kita akan bayar pajak kapital, meski saham kami dijual ke para LLC," tuturnya.

Zuckerberg mangatakan ada keuntungan yang dirasakan usai memberikan kekayaannya kepada badan amal. Menurut Zuck, donasi membuatnya semakin kokoh untuk mendanai organisasi badan amal.

"Hal ini memungkinkan kita untuk mengejar misi kami dengan mendanai organisasi non-profit, membuat investasi swasta, dan berpartisipasi dalam kebijakan, dalam setiap kasus dengan tujuan menghasilkan dampak positif bidang kebutuhan dasar," ungkap dia.

Sebelumnya, banyak kalangan mempertanyakan sikap dermawan yang ditunjukkan Zuck dengan memberikan kekayaan bersihnya mencapai US$45 miliar. Isu yang santer terdengar, Zuck beramal dengan mendonasikan 99 persen saham Facebook itu untuk menghindari pajak pendapatan yang akan dibayar olehnya. (one)

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook
Facebook

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Ada Facebook Live dan Instagram Stories.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016