Marak Illegal Fishing, Menteri Susi Gandeng Thailand

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.
Sumber :

VIVA.co.id - Geram dengan masalah illegal fishing (penangkapan ikan ilegal) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggandeng Thailand untuk mengatasi masalah tersebut.

40 Juta Pemilih Akan Ikut Referendum di Thailand Hari Ini

"Hari ini saya kedatangan tamu dari Thailand. Jadi, kami bicara tentang persoalan IUU fishing di mana Thailand sudah sangat maju dan sangat tegas terhadap IUU fishing," kata Menteri KP, Susi Pudjiastuti, yang didampingi Menteri Pertanian dan Koperasi Thailand, Chatchai Sarikulya, saat konferensi pers di KKP, Jakarta, Jumat 4 Desember 2015.

Susi mengatakan kerja sama dengan Negara Gajah Putih itu adalah untuk memberantas tindakan penangkapan ikan ilegal. Dengan adanya kerja sama dua negara ini, pendiri Susi Air ini mengharapkan penangkapan ikan ilegal bisa ditekan.
AS Peringatkan Warganya Agar Berhati-hati di Thailand

"Saya pikir kalau dua negara ini bekerja sama, saya harap tidak ada lagi yang melakukan IUU fishing di Indonesia," kata dia.
Bocah 8 Tahun Ditahan Hanya karena Robek Poster Referendum

Sementara itu, Sarikulya menambahkan pihaknya bekerja sama dengan pemerintah Indonesia --dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan-- untuk memberantas IUU fishing. Salah satunya dengan menginvestigasi pihak-pihak yang melakukan penangkapan ikan ilegal di perairan Indonesia.

"Kami sekarang sudah berkolaborasi lebih dekat kerja sama dengan serius untuk mengatasi problem IUU fishing untuk kita semua dan dengan cepat dan sebisa kita," kata dia.

Sekadar informasi, Sarikulya ditemani beberapa pihak, seperti Duta Besar Thailand untuk Indonesia, Paskorn Siriyaphan, Direktur Umum Departemen Perikanan Kementerian Pertanian dan Koperasi, Wimol Jantratorai, Direktur Hubungan Kerja Sama Divisi Pertanian, Chantanon Wannakesorn, Thai Defence and Air Attache di Jakarta, Capt. Prapas Sornchaidee. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya