Harga Sembako Relatif Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru

Pedagang melayani pembeli di Pasar Rumput, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga sembilan bahan pokok relatif stabil. Kalau pun ada kenaikan, tidak akan sampai menimbulkan gejolak di masyarakat. 

Warga Jatuh Bangun Berebut Sembako Bantuan dari Presiden Jokowi
"Alhamdulillah harga bagus, tidak bergejolak dan tidak ada masalah, ada kenaikan beras sedikit, tapi tidak signifikan, yang lain-lain (sembako) aman, semua tidak mengkhawatirkan," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Ngadiran, kepada VIVA.co.id saat dihubungi di Jakarta, Rabu 16 Desember 2015.

Ban Pecah, Pesawat Pembawa Sembako di Papua Tergelincir
Namun ia mengakui jika saat ini untuk harga beras mengalami kenaikan kendati masih relatif terjangkau oleh konsumen. 

Pembunuh Nenek Penjual Sembako Ditangkap, Ternyata Tetangganya
"Harga beras itu literan kan (bulan lalu) Rp7.000,  sekarang jadi Rp8.000 artinya, tahapannya kan sudah sekian bulan, naiknya sekitar Rp200. Rp200, sekarang itu dalam posisi Rp8.000, ini beras medium yang kualitas untuk masyarakat banyak," kata Ngadiran. Sementara untuk harga cabai justru mengalami penurunan yang cukup signifikan.
 
"Kalau harga untuk cabai malah turun dari Rp30 ribu  sekarang ada yang dibawah Rp20 ribu, ada yang sekitar Rp18 ribu. Nah kalau daging aman, mudah-mudahan tidak ada kenaikan, meskipun mau Natal mudah-mudahan (harga) baik," lanjut dia.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya