Kini Semarang Punya Tempat Kongko Seru di Malam Minggu

Wisata Semarang Mareakaca
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
VIVA.co.id
Danau Situ Gintung, Destinasi Wisata untuk Melepas Penat
- Sebagai kota sejarah, ibu kota Jawa Tengah ini dikenal sebagai kota yang memiliki destinasi wisata unik. Salah satunya, wisata kompleks Mareakaca di kawasan Pekan Raya Promo dan Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah.

Lima Tempat Wisata Super Unik di Purwakarta

Destinasi wisata yang dulu diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1993, kini semakin mempercantik diri dengan berbagai kegiatan menyenangkan dan menghibur. Salah satunya adalah wisata malam minggu, yang disebut M2M atau kependekan dari Malam Minggon
Lima Lokasi Wisata Eksotis di Indonesia
@Mareakaca.

M2M sendiri baru akan dibuka perdana besok, Sabtu, 19 Desember 2015. Tujuannya untuk menarik pengunjung, utamanya para kawula muda menghabiskan malam minggu di destinasi wisata yang merupakan miniatur Jawa Tengah.

Berbagai jenis hiburan sengaja akan selalu dihelat di acara wisata malam Minggu di Semarang, di antaranya
stand up comedy
, musik
jazz
, hiburan dari berbagai macam komunitas. Di sini, para pengunjung juga akan diajak belajar tentang ciri khas 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah.


Direktur PT PRPP Jawa Tengah, Titah Listiorini mengatakan, inovasi gelaran M2M sebagai wisata malam di Semarang dimaksudkan untuk menarik kembali wisatawan di kompleks PRPP.


"Tujuan
event
permanen malam minggu ini untuk memberikan alternatif wisata sekaligus menghidupkan kembali Puri Maerakaca, " kata Titah.


Di sisi lain, saat ini kawasan Mareakaca tetap menjadi pilihan para kawula muda untuk berbagai tujuan wisata, seperti lokasi yang akrab disebut 'Dermaga Cinta', yakni sebuah bangunan di atas miniatur Laut Jawa yang sangat indah.


"Lokasi ini jadi kegemaran anak mudah berfoto
selfie
. Biasanya, sore-sore anak muda datang ke depan anjungan Kabupaten Batang, yang oleh mereka disebut Dermaga Cinta. Bisa lihat sunset dan bianglala PRPP," ucapnya.


Wisata malam minggu ini diharapkan akan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan melalui berbagai kegiatan, meskipun infrastruktur kawasan ini tidak sebaik saat diresmikan.


"Maka kita garap pangsa anak muda, komunitas,
netizen
. Tiga itu akan kami garap. Kami menciptakan tempat
nongkrong
sekaligus mempelajari budaya Jawa Tengah," katanya.


Koordinator M2M, Adam menyatakan, sebagai tempat nongkrong asyik tiap malam minggu, pihaknya telah menyulap sedemikian rupa destinasi Mareakaca. Selain itu, pengisi acara hiburan dikonsep berbeda saban minggunya.


"Kita terus inovasi agar pengunjung tak bosan. Malam Minggu asyik ini akan dimula sejak pukul 16.00 hingga tengah malam, " katanya.


Pada program perdana pekan ini, sejumlah komunitas akan mengisi acara, seperti
stand up comedy
, Loenpia Jazz, Semarang Art, Fotografi Semarang, Semarang Runner dan berbagai aneka kuliner khas Kota Lumpia Semarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya