Menikmati Solo Traveling Sepekan, Ini Manfaatnya

Ilustrasi traveling.
Sumber :
  • Ist/picvpic
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Saat ini, traveling atau pelesir menjadi kebutuhan sekaligus gaya hidup bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Saat melakukan perjalanan, ada tipikal orang yang senang bersama teman-teman, ada pula yang memilih sendiri. Jangan berpikiran bahwa dia yang pelesir sendiri, tidak punya teman. Sebenarnya, ada manfaat dari berpergian sendirian.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Hugo Amsellem, seorang blogger yang hobi traveling menjelaskan bahwa begitu banyak hal yang bisa didapatkan seseorang yang melakukan perjalanan sendirian.
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon


"Empat bulan yang lalu, saya memutuskan ke luar dari pekerjaan saya. Meninggalkan Paris dan menghabiskan waktu satu tahun untuk keliling Amerika Latin. Saya bertemu begitu banyak orang mereka mengatakan, "Wow, itu mimpi saya, tapi saya tidak pernah bisa melakukannya," kata Hugo dilansir dari Huffington Post
.


Jangan takut untuk melakukan perjalanan seorang diri. Ini bisa dilakukan siapapun, tidak mengenal batasan. Berikut manfaat dari solo traveling, dilansir dari Huffington Post:


Manajemen diri

Tahukah Anda apa yang menjadi halangan untuk solo traveling? Bangun pagi, mempersiapkan segala kebutuhan sendiri dan ketakutan berpergian sendirian. Tips yang efektif adalah persiapkan pakaian untuk berjalan pada malam sebelumnya, letakkan di kursi samping tempat tidur. Ini akan menjadi hal pertama yang Anda lihat di pagi hari. Membuat Anda terinspirasi untuk segera bergerak.


"Saya telah menemukan bahwa sebagian besar orang, menjadikan kesendirian itu sebagai rintangan pertama dan alasan pertama. Bagaimana jika bepergian sendirian tidak cocok bagi saya dan kekhawatiran lainnya?" kata dia.


Maka dari itu, Hugo menyarankan untuk mencobanya selama satu minggu. Maka Anda akan tahu, apakah bepergian sendirian cocok atau tidak bagiĀ  Anda.


Banyak pengalaman


Pengalaman adalah alasan pasti mengapa Anda harus merasakan bepergian sendirian. Banyak hal yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan perjalanan sendiri. Pengalaman bahkan dapat mengubah seseorang, tentang hubungannya dengan dunia luar, dengan orang lain dan dengan dirinya sendiri. Ini benar-benar menyenangkan.


Ini adalah sesuatu yang setiap orang butuhkan, pengalaman untuk dirinya sendiri. Dapatkan pengalaman dan Anda akan melihat sendiri betapa mudahnya melakukan perjalanan sendiri.


Memperluas zona nyaman


Jangan ke luar dari zona nyaman saat ini, melainkan Anda harus memperluasnya. Kembangkan zona nyaman Anda dengan hal-hal baru, seperti makan sendirian di restoran, atau berbincang dengan orang-orang baru, ikuti percakapan mereka. Dan kebanyakan dari semua, kita akan merasa nyaman dari ketidaktahuan.


Ketika bepergian sendirian untuk waktu seminggu, jangan kaget dengan situasi di luar rencana Anda. Karena nantinya akan selalu ada tiket tambahan untuk bus, tempat tidur tambahan di hostel, dan duduk di dalam mobil keren orang yang baru saja Anda temui.


Pilih negara yang dekat dan nyaman. Jika kita tinggal di Indonesia misalnya, cobalah pergi ke negara Asia, seperti Thailand, Myanmar atau Jepang. Masih dalam zona nyaman, kan? Perhatikan pula beberapa hal, seperti makanan, keamanan dan fasilitas, emosional budaya, perbedaan waktu dan finansial.


Jangan mengubah rencana


Ya, rencanakan liburan. Keuntungan dari melakukan perjalanan solo travel satu minggu adalah bahwa Anda masih dapat melanjutkan liburan dengan keluarga Anda, dengan kekasih atau teman. Hanya saja waktunya sedikit berkurang. Jika ingin merasakan sensasi yang beda, dan tak terlupakan, cobalah menghabiskan malam tahun baru Anda sendirian di luar negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya