Berenang di Kolam Alami Gugusan Tebing Karang

Wisata pantai
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko

VIVA.co.id - Pantai Kedung Tumpang, Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban Tulungagung, Jawa Timur, merupakan wisata pantai yang indah.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Namun sebutan pantai untuk tempat ini sepertinya kurang pas lantaran Kedung Tumpang hanyalah gugusan tebing karang yang membentang luas dari sisi barat pantai Blabak hingga sisi timur pantai Glogok dan tak memiliki hamparan pasir.
 
Kedung Tumpang bukan sekadar gugusan tebing karang biasa, tapi di sepanjang gugusan tebing karang tersebut terdapat beberapa kolam alami yang terbentuk akibat erosi oleh ombak laut dan kolam-kolam tersebut sangat jernih.
 
Untuk menuju Kedung Tumpang jika melalui kota Tulungagung ikuti petunjuk ke Blitar, sampai di pertigaan Ngunut, belok kanan. Dari sini, jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok, tempat ini dikenal dengan sebutan Bukit Luk Songo atau Bukit Kelok Sembilan.
 
Setelah dari Bukit Luk Songo, ikuti jalan hingga pasar Puser hingga sampai pertigaan, ambil lurus mengikuti petunjuk ke Pantai Molang. Dari sana ikuti jalan utama hingga masuk Desa Pucanglaban dan di ujung Desa Pucanglaban terdapat pertigaan Pos Portal.
 
Di pertigaan sudah dipasang papan petunjuk ke Pantai Kedung Tumpang, yaitu belok kanan. Anda jangan kaget karena kondisi jalan sudah berubah menjadi makadam atau tanah berbatu.
 
Sekitar 1 kilometer, Anda akan sampai ke pertigaan, lalu belok kiri sampai di tempat parkir. Kemudian, jalan kaki menuruni bukit sekitar 30 menit dan disarankan pengunjung menggunakan motor karena akses dengan mobil terlalu sulit.
 
Sepanjang perjalanan melewati jalan setapak menuju pantai terdapat beberapa penjual makanan yang menyediakan lokasi beristirahat. Sembari istirahat, Anda bisa menengok keindahan pantai dari ketinggian.

Selain itu, di ujung barat Kedung Tumpang juga terdapat air terjun yang cukup tinggi tapi memiliki debit air yang rendah.
 
“Waktu yang tepat untuk berenang adalah saat laut sedang surut karena jika kondisi laut sedang pasang, maka ombak besar akan menghantam keras tebing karang dan tumpah ke dalam kolam-kolam,” ujar Warmin, warga sekitar.

Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Tempat berlibur petualang tentu berbeda dengan yang suka santai

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016