Jokowi Keluarkan 8 Paket Ekonomi, Ini Pandangan IMF

logo IMF
Sumber :
  • Dok IMF
VIVA.co.id
Jokowi Sibuk, Paket Kebijakan XIII Keluar Pekan Depan
- Perwakilan dari Dana Moneter Internasional (IMF) mengunjungi Indonesia pada awal hingga pertengahan bulan ini. Tim yang dipimpin oleh Luise E Breuer bertukar pikiran dengan pemerintah, Bank Indonesia, dan beberapa lembaga publik, serta perusahaan terkait dengan perkembangan ekonomi terkini, baik di dunia maupun di Indonesia. 

Banyak Pengusaha di Daerah Tak Tahu Paket Kebijakan Jokowi
Breuer dalam keterangan yang diterima VIVA.co.id, Selasa 22 Desember 2015 mengapresiasi paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah s,aat ini. 

Menko Darmin Antisipasi Proyeksi Muram IMF
"Serangkaian paket kebijakan yang dikeluarkan sejak Agustus 2015, menandakan strategi kebijakan baru yang bertujuan untuk meningkatkan iklim usaha dan mengurangi biaya bisnis," ujarnya. 

Seangkaian paket kebijakan tersebut, menurutnya, bentuk komitmen pemerintah untuk melanjutkan reformasi struktural yang sedang dilakukan. Kebijakan ini juga menandakan bahwa investasi akan didorong, sehingga menjadi salah satu motor perekonomian yang bisa diandalkan.

"Pihak berwenang menyatakan komitmen yang kuat untuk melanjutkan reformasi struktural untuk membangun driver pertumbuhan baru, termasuk meninjau peran investasi dalam dan luar negeri dan menilai manfaat dari pengaturan perdagangan regional," tambahnya. 

Serangkaian paket kebijakan itu, menurutnya, juga efektif dalam mendorong penciptaan lapangan pekerjaan di Indonesia. Sehingga, pada akhirnya angka pengangguran dapat ditekan dan konsumsi masyarakat meningkat. 

"Peningkatan fleksibilitas dalam praktek kerja lebih bisa menciptakan lapangan kerja dan menarik baru investasi swasta," ungkapnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya