Hindari Antrean Panjang, Gerbang Tol di Cipali Ditambah

Sumber :
  • tmc polda twitter
VIVA.co.id
Mulai 30 Agustus, GT Senayan Hanya Layani e-Toll
- PT Lintas Marga Sedaya (LMS) menambah operator jalan tol hingga 50 persen di gerbang Tol Cikopo-Palimanan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan mengantisipasi lonjakan pengguna jalan tol selama periode liburan Natal dan Tahun Baru 2016.

Hati-hati Transaksi Tol, Ada Mobil Pribadi Bayar Tarif Truk
"Kami berupaya untuk memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat," kata Direktur LMS, Edwin Sas Goenarto, di Cikopo, Jawa Barat, Selasa 29 Desember 2015 dalam keterangan tertulisnya.

Jasa Marga Bagi-bagi Dividen Saham Rp293,27 Miliar
Saat ini, total jumlah petugas di gerbang tol yang bertugas selama liburan Natal dan Tahun Baru mencapai 134 orang yang terdiri atas 89 orang petugas existing dan 45 petugas tambahan. Perusahaan ini telah memperkirakan akan terjadi lonjakan jumlah kendaraan selama periode liburan Natal dan Tahun Baru.

Total volume lalu lintas yang tercatat di Gerbang Tol Cikopo dan Gerbang Tol Palimanan pada Kamis, 24 Desember 2015 lalu masing-masing mencapai 58.369 kendaraan dan 54.334 kendaraan.

Sedangkan pada Minggu, 27 Desember 2015, total volume lalu lintas mencapai 63.068 kendaraan di Gerbang Tol Cikopo dan 41.431 kendaraan di Gerbang Tol Palimanan.

Data tersebut menunjukkan kendaraan yang melintasi Tol Cipali melonjak tiga kali lipat dari volume lalu lintas harian normal yang ditangani di masing-masing gerbang. Sedangkan puncak arus balik untuk periode liburan Natal dan Tahun Baru kali ini diprediksi akan terjadi pada tanggal 2-3 Januari 2016.

Edwin memperkirakan volume lalu lintas di Gerbang Tol Cikopo pada periode tersebut akan mencapai atau bahkan lebih dari 50 ribu kendaraan.

Selain menambah petugas transaksi, LMS juga melakukan pengaturan jumlah gardu yang masuk di Gerbang Tol Cikopo dan Palimanan. Pada saat puncak arus mudik dari total 15 gardu di Gerbang Tol Cikopo, 12 gardu disediakan untuk masuk dan tiga gardu untuk keluar tol.

Sementara di Gerbang Tol Palimanan, dari total 11 gardu, sebanyak sembilan gardu disediakan untuk keluar dan dua gardu untuk masuk tol. Jumlah gardu yang masuk dan keluar pun akan menyesuaikan dengan kondisi jumlah kendaraan yang masuk selama periode liburan Natal dan Tahun Baru.

"Gardu kami sifatnya reversible, jadi dapat diatur menyesuaikan dengan jumlah kendaran yang masuk dan keluar tol," kata dia. (ren)
.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya