Menperin Ungkap Industri yang Kena Dampak MEA

menperin saleh husin
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengakui, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan berdampak kepada industri lokal dalam negeri, khususnya adalah industri komponen elektronik.

Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
"Pada dasarnya, dengan diberlakukannya MEA, seluruh sektor industri akan terpengaruh. Namun, yang paling terancam adalah industri komponen elektronik, industri IT (informasi dan teknologi), industri peralatan elektronik rumah tangga, industri bahan baku, dan industri lainnya," kata Saleh ketika dihubungi VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 30 Desember 2015.

Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi
Saleh mengatakan, saat MEA dibuka, pasar Indonesia akan dibanjiri oleh produk impor, seperti barang komponen elektronik, barang IT, dan alat-alat rumah tangga.

Menperin Desak Calya-Sigra 100 Persen Indonesia
Dia menambahkan, Malaysia dan Thailand pun mempersiapkan produknya untuk menyerang pasar Indonesia. "Negara yang kemungkinan besar akan menyerang pasar Indonesia antara lain, yaitu Malaysia, Thailand, dan Singapura," kata Saleh.

Saleh tidak berdiam diri melihat pasar dalam negeri yang dibanjiri produk impor yang bisa melemahkan industri dalam negeri. Pihaknya menempuh upaya-upaya untuk membentengi industri lokal dari gempuran produk impor. 

"Untuk melindungi industri lokal dari serangan industri asing dilakukan melalui strategi defensif, yaitu dengan cara penyusunan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk-produk manufaktur," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya