Harga Emas Masih Rendah, Pembeli Sepi

Harga Emas
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Mau Jual Emas? Harganya Naik Hari Ini
- Harga emas lantakan pada awal tahun 2016 mulai merangkak naik. Setelah harga turun sekitar Rp1.000 per gram dibandingkan harga pada triwulan terakhir 2015, harga emas batangan mulai naik perlahan. 

Harga Emas Stabil di Tengah Pelemahan Dolar
“Pergerakan emas lantakan lazimnya seperti itu, pada awal tahun naik, tapi tidak banyak,” kata Erik, staf toko emas Bulan Purnama di Pasar Besar Malang, Senin, 11 Januari 2016. 

Harga Emas Naik Gara-gara Dolar Jatuh
Dia memperkirakan, harga emas lantakan akan terus naik pada triwulan pertama tahun ini, sebelum kembali turun pada tengah tahun nanti.

Emas lantakan lokal per Senin hari ini dibuka dengan harga Rp488.500 per gram untuk harga beli, dan Rp501.000 per gram untuk harga jual. 

Menurutnya, harga emas lantakan sudah bergeser turun jika dibandingkan harga di triwulan terakhir tahun 2015.

“Selisihnya bisa sampai Rp1.000 per gram lebih mahal emas pada bulan September tahun lalu,” katanya.
 
Sementara itu, tren harga emas lantakan per hari mulai bergeser naik dari awal tahun Januari 2016 hingga saat ini. Meskipun tak banyak, harga emas saat ini naik sekitar Rp200 per gram jika dibandingkan harga di awal Januari 2016.
 
Dia menjelaskan, tren rendahnya harga emas pada awal tahun lazim terjadi di setiap tahun. Harga diprediksi akan terus naik hingga Maret tahun ini sebelum turun pada triwulan dua 2016, antara April hingga Juni.

“Antara bulan empat sampai tujuh tahun ini harga emas lantakan bisa di titik paling rendah. Baru kemudian naik lagi di bulan delapan dan kemudian turun di akhir tahun,” katanya.
 
Dengan demikian, rendahnya harga emas lantakan di awal tahun belum banyak berpengaruh pada peningkatan penjualan di tokonya.

"Rata-rata per hari antara satu hingga lima gram yang keluar, pasar masih wait and see, kalau harganya dinilai turun dan tidak wajar mungkin akan ramai. Sebab lazimnya mereka berinvestasi di tengah tahun,” katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya