Pekerja RI Ternyata Lebih Baik Persiapkan Pensiun

Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
Komisi IX Minta Menaker Lebih Giat dan Pro Terhadap Buruh
- Pekerja di Indonesia telah mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun mereka, sedangkan di Singapura, hanya sedikit lebih fokus mempersiapkan tahun emas mereka. Demikian survei yang dilakukan DBS-Manulife. 

Apindo Keberatan Iuran BPJS Kesehatan Naik
Dilansir dari CNBC, Selasa 12 JAnuari 2016, hasil survei tersebut dilakukan dienam negara dan Indonesia dinilai sebagai negara yang terbaik dalam mempersiapkan pensiunnya. 

Langkah Kementerian 'Paksa' BUMN Ikut Program BPJS
Studi ini dilakukan berdasarkan tiga isu penting: perlindungan kesehatan, membangun kekayaan, dan kemampuan untuk memiliki kehidupan yang layak, setelah pensiun dan dihitung berdasarkan skala 100 poin. 

Survei dilakukan terhadap 6.000 responden berusia 40 sampai 60 tahun di Singapura, Hong Kong, Taiwan, China, India, dan Indonesia.

Ada pun, Indonesia mencetak angka tertinggi pada indeks, dengan 72 poin, diikuti oleh China, yang hanya selisih tiga poin, yaitu 69. 

Studi ini juga menemukan bahwa baik Indonesia dan China, paling percaya diri tentang kesehatan mereka saat ini.

Sementara itu, untuk pekerja di Hongkong (39 poin), Singapura (46 poin), dan Taiwan (47 poin), memang masih mempersiapkan pensiun, tetapi tidak sebaik pekerja di Indonesia dan China. 

"Singapura  sangat berharap tinggi untuk masa pensiun mereka, tetapi pekerja yang terlambat memahaminya," kata  Richard Varga, kepala Cabang DBS Bank.

Dengan biaya hidup yang lebih tinggi di Singapura, Hong Kong, dan Taiwan, dan dikenal sebagai Macan Asia, responden di negara-negara tersebut kurang percaya diri tentang pensiun.

Padahal, menurut  survei Economist Intelligence Unit (EIU), pada 2015, menyebutkan jika Singapura adalah kota paling mahal di dunia, hal itu didasarkan dari perbandingan harga barang dan jasa. 

Sementara itu, Hong Kong juga menempati posisi nomor sembilan dari survei EIU sebagai kota paling mahal. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya