Puluhan Ribu Koperasi Bakal Dibubarkan Tahun ini

Lambang koperasi Indonesia
Sumber :
  • http://entegila.wordpress.com
VIVA.co.id
Pelaku Usaha Tak Percaya Koperasi Pariwisata
- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mengungkapkan, ada ratusan ribu unit koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Tercatat, ada puluhan ribu koperasi tidak aktif.

Pengembangan Bisnis Wisata Didorong Melalui Koperasi
Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring, Selasa 12 Januari 2016, mengatakan dari 209.488 koperasi, ada sebanyak 147.249 unit koperasi yang aktif, sedangkan yang tidak aktif ada 62.239 unit.

Pasar Tradisional Desa Tertinggal Jadi Sasaran Revitalisasi
"Ini tidak aktif dan ada yang sudah dikeluarkan dari database kementerian. Sekarang lagi diproses pembubarannya," kata Meliadi dalam konferensi pers di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta.

Dia mengatakan, pihaknya tengah melakukan verifikasi koperasi-koperasi yang tidak aktif itu. Mereka pun akan mengelompokkan koperasi mana yang bermasalah, misalnya kegiatan usahanya tidak berjalan atau terlilit banyak utang.

"Kalau banyak utangnya, perlu dibentuk tim khusus untuk menyelesaikannya," kata dia.

Meliadi mengatakan, penutupan koperasi yang tidak aktif itu bukan hanya kewenangan kementeriannya. Melainkan juga instansi pemerintah lain yang memberikan izin usaha kepada koperasi terkait, seperti pemerintah daerah dan dinas koperasi daerah. 

Kementerian Koperasi dan UKM ini pun akan berkoordinasi dengan pihak-pihak itu untuk melakukan pembubaran tersebut. 

"Kami akan bersama-sama dengan lembaga lain. Dilihat mana yang sudah selesai tak ada masalah dan mana yang perlu penanganan utang. Lebih cepat lebih bagus," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya