Seratusan UKM Disiapkan Go International

Pemerintah Tetapkan Skema Pajak 1 Persen Bagi UKM
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVA.co.id
Produk UKM Pedesaan Masih Kesulitan Promosi
- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan memfasilitasi ratusan UKM untuk bisa mengikuti pameran internasional pada tahun ini. Diharapkan, para UKM dalam negeri ini bisa bersaing di pasar global.

Soal UKM, Indonesia Perlu Belajar dari Korea
"Ada 150 UKM yang kami targetkan untuk dikawal promosinya di luar negeri," kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta, di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Rabu 13 Januari 2016.

Pemerintah Siapkan Pendaftaran Koperasi Sistem Online
Wayan mengatakan, pihaknya menyeleksi calon-calon peserta pameran yang nantinya akan diikutsertakan dalam pameran internasional. Mereka ingin mendapatkan UKM yang benar-benar siap untuk bisa mendunia (go international).

"Jangan sampai kami ajak ke (pameran di) Hong Kong, tetapi tidak sanggup (menerima pesanan)," kata dia.

Wayan mengatakan, pihaknya akan menggandeng kementerianan terkait untuk mengidentifikasi pasar-pasar untuk mendistribusikan produk UKM. Misalnya, di Malaysia untuk produk makanan halal, kopi untuk Korea dan Jepang, furnitur untuk Dubai, dan pakaian pantai untuk Amerika Serikat.

Selain itu, menurut Wayan, pihaknya juga akan memfasilitasi ratusan UKM lainnya untuk mengikuti pameran di dalam negeri. "Selain itu, kami juga memfasilitasi pameran dalam negeri kepada 830 UKM," kata dia.

Di tempat yang sama, Asisten Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Herustiati mengatakan, pihaknya juga akan memfasilitasi produksi UKM, lewat pasar murah di samping pameran dalam negeri.

"Promosi untuk usaha mikro lewat pasar murah. Bentuknya pemberian sembako kepada rakyat yang kurang sejahtera dan di dalam (sembakonya) ada produk usaha mikro," kata Herustiati. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya