VIDEO: Kabin Penyelamat Ini Dilepas Saat Pesawat Darurat

Ilustrasi kabin darurat
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk/Ratz Wali

VIVA.co.id - Tim insinyur penerbangan Ukrania, menemukan gagasan baru dalam upaya penyelamatan kondisi darurat pesawat terbang saat mengangkasa.

Terobosan tim insinyur itu adalah kabin 'penyelamat nyawa' yang bisa dilepas dari tubuh pesawat. Rancangan kabin itu diharapkan bisa menekan jumlah korban, saat pesawat dalam kondisi darurat.

Dikutip dari Daily Mail, Senin 18 Januari 2016, tim mengatakan nantinya begitu dilepas dari pesawat, kabin penumpang ini akan meluncurkan parasut, sehingga kabin bisa turun ke lautan secara perlahan dan kemudian penumpang bisa selamat.

"Dalam kondisi pesawat mengalami tabrakan, untuk bisa bertahan hidup adalah mungkin," kata insinyur bernama Vladimir Tatarenko dikutip dari LiveLeak.

Pilot Helikopter Angkatan Udara Amerika Tewas Kecelakaan di Kuwait

Tatarenko merupakan otak di balik munculnya rancangan kabin yang bisa dilepas tersebut. Dia mengaku sudah mengembangkan inovasi kabin itu bersama timnya selama tiga tahun.

Keselamatan penumpang sejauh ini, kata dia, tak mendapatkan fokus yang maksimal. Sebab, Tatarenko mengatakan, selama ini insinyur pesawat terbang di seluruh dunia masih fokus mencoba membuat pesawat yang aman, tetapi tidak melakukan apapun untuk faktor manusia.

Dalam skema darurat, parasut yang diletakkan di atap kabin akan secara cepat dikeluarkan begitu kabin dilepas dari pesawat. Disebutkan, kabin itu juga dilengkapi dengan tabung karet yang mengembang untuk meredam dampak benturan ke tanah, atau air.

Selain itu, disertakan perangkat yang bisa mengisi udara, ini difungsikan untuk menjaga kabin tetap mengambang dalam kasus mendarat darurat di lautan.

"Teknologi yang ada saat ini menggunakan Kevlar dan komposit karbon untuk ekor, kemudi, penutup, sayap, dan rangka pesawat akan digunakan selama rancangan kabin ini," kata Taratenko.

Dia mengatakan, komponen tersebut bisa memungkinkan untuk sebagian mengimbangi bobot sistem parasut. Desain kabin 'penyelamat nyawa' itu juga memberikan ruang bagasi di bagian tempat duduk penumpang.

Pesawat Lionair Jatuh di Manila, 8 Orang Tewas

Beragam komentar mewarnai usulan desain rancangan kabin darurat tersebut. Beberapa pengulas menyoroti, bagaimana jika kabin darurat ini dilepaskan dan menabrak bangunan, atau gunung.

Tercatat, desain kabin darurat itu bukan yang pertama dihasilkan oleh tim insinyur Ukrania. Pada tahun lalu, Tatarenko menerima paten dari temuan, yaitu sistem kapsul untuk menyelamatkan penumpang dalam kondisi darurat penerbangan.

Dalam skema ini, kapsul akan dilepaskan dalam beberapa detik usai situasi darurat terjadi. Kapsul akan dikeluarkan melalui bagian ekor pesawat. Kapsul terlepas dengan bantuan dua mesin serbuk mesiu untuk mengendalikan kecepatan sampai parasut keluar.

Tapi Tatarenko mengakui, skema kapsul ini tidak akan menyelamatkan nyawa jika pesawat meledak di dalam, atau mendapat serangan roket.

(asp)

Pesawat Lion Air yang Tergelincir Berhasil Dievakuasi
Maskapai Sriwijaya Air

8 Kecelakaan Pesawat Terbesar di Indonesia

Seperti yang diketahui khalayak umum, tragedi kecelakaan pesawat terbang di Indonesia sudah cukup banyak terjadi.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2021