RESEP: Lezatnya Kimchi Buatan Rumah

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Kimchi. Acar satu ini merupakan salah satu hidangan nasional Negeri Ginseng. Hidangan ini disebut-sebut sebagai hidangan kunci dan memiliki peran besar dalam budaya bersantap masyarakat Korea.

Manjakan Lidah dengan Hidangan Laut Unik Khas Korea di PIK

Kimchi bisa dibuat dari berbagai bahan, mulai dari sayuran hingga buah-buahan. Namun, varian kimchi yang paling populer di Korea dan dunia adalah yang dinamakan baechu kimchi, yang terbuat dari sawi putih.

Hidangan ini sempat menuai popularitas tinggi setelah dinobatkan sebagai hidangan paling sehat sedunia oleh sebuah media internasional. 

Menyantap Kuliner Jepang dan Korea di Satu Tempat

Jika Anda penggemar kuliner Korea, menyantap segala jenis hidangan khas negeri dengan industri K-Pop tak akan lengkap tanpa kimchi. Namun, harga kimchi yang tersedia di supermarket terbilang cukup mahal. Tak usah khawatir, karena Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Langkah-langkahnya cukup mudah. Meski begitu, memang ada beberapa bahan yang secara spesifik harus Anda beli di supermarket khusus Korea.

Enam Kuliner Khas Korea Utara

Berikut ini resep lengkapnya seperti dilansir dari Maangchi.

Kimchi tradisional Korea

Bahan-bahan

-3 atau 4 buah sawi putih berukuran besar

-1/2 cangkir garam

-2 cangkir air

-2 sm tepung beras

-2 sdm gula pasir

-2 cangkir lobak putih yang telah dipotong-potong seukuran batang korek api

-1 cangkir wortel yang telah dipotong seukuran batang korek api

-7 hingga 8 batang daun bawang, potong kasar

-1 cangkir lokio yang telah dipotong-potong

-1/2 cangkir bawang putih yang telah dihaluskan

-2 sdt jahe, potong halus

-1 bawang bombai, potong halus

-1/2 cangkir kecap ikan

-1/4 cangkir saeujeot (udang yang telah diasinkan)

-2 cangkir gochugaru (bubuk cabai Korea)

Cara membuat

1. Cuci bersih sawi putih dan belah menjadi dua. Rendam di dalam wadah berisi air dan garam yang telah diaduk hingga garam larut. Diamkan selama dua jam. Perhatikan untuk membalik sawi setiap 30 menit sekali.

2. Setelah dua jam, cuci sawi dengan air ingin, lalu keringkan. Sisihkan.

3. Masukkan air dan tepung beras di dalam panci berukuran sedang. Masak di atas api sedang selama 10 menit sambil terus diaduk. Setelah mendidih, masukkan gula dan masak kembali selama 1 menit sambil diauk. Matikan api dan diamkan hingga dingin.

4. Masukkan tepung beras yang telah dimasak dan didinginkan ke dalam mangkuk berukuran besar. Masukkan bawang putih, jahe, bawang bombai, kecap ikan, udang yang telah diasinkan dan bubuk cabai. Aduk hingga rata.

5. Baluri sawi putih dengan adonan dari tepung beras dan bubuk cabai tadi hingga rata. jangan lupa membaluri sela-sela bagian ddalam sawi putih.

6. Anda bisa langsung menyantap kimchi yang sudah jadi atau menyimpannya terlebih dahulu selama beberapa hari hingga terfermentasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya