Hadirnya Tenaga Kerja Asing Untungkan RI?

Sumber :
  • www.wallstreetjournal.com

VIVA.co.id - ‎Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan, kehadiran tenaga kerja asing (TKA) di tanah air setelah berjalannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) bisa banyak menghadirkan keuntungan bagi Indonesia.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani mengatakan, kehadiran tenaga kerja asing jangan dianggap sebagai ancaman bagi tenaga kerja Indonesia.

Menurutnya, kehadiaran tenaga kerja asing di Indonesia justru bisa menjadi pemicu bagi tenaga kerja Indonesia untuk lebih profesional.

"Kehadiran mereka bisa memicu dan selalu menambah kemampuan diri (tenaga kerja Indonesia) agar dapat bersaing, baik antara sesama tenaga kerja Indonesia dan tenaga kerja asing," ujar Rosan di gedung Kadin, Jakarta, Rabu 20 Januari 2016.

Selain itu‎, Rosan juga menjelaskan, kehadiran tenaga kerja asing dapat sebagai pembawa devisa bagi negara dengan adanya pembayaran dana kompensasi atas setiap tenaga kerja asing yang dikerjakan.

"Pembayaran kompensasi ini dikecualikan pada pemberi kerja tenaga kerja ‎asing merupakan instansi pemerintah, perwakilan negara asing, badan-badan internasional, lembaga sosial, lembaga keagamaan, dan jabatan tertentu di lembaga pendidikan," katanya.

Ia menambahkan, selayaknya pengaturan tenaga kerja asing memperhatikan kepentingan dunia usaha dan secara nasional menjadi ajang bagi peningkatan tenaga kerja lokal.

"Daya saing kita dapat ditingkatkan dengan menerima tenaga kerja asing dan juga mengirimkan tenaga kerja kita ke luar negeri," ujarnya.

Retribusi Perusahaan Pengguna Tenaga Kerja Asing Naik
Para konsumen penuhi suatu acara pesta diskon sepatu di Jakarta.

Tingkat Keyakinan Konsumen RI Menurun Tajam, Ungkap Survei

Prospek ketenagakerjaan merupakan pendorong utama penurunan itu.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2016