XL Bayar Utang Rp13 Miliar, Terbitkan Rights Issue

Sumber :
  • Viva.co.id/Agus

VIVA.co.id - PT XL Axiata Tbk berencana melakukan penerbitan saham baru (rights issue) untuk membayar kembali pinjaman dari pemegang saham sebesar US$500 juta, atau setara Rp13,57 miliar.

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah
Presiden Direktur dan CEO XL, Dian Siswarini, mengatakan penerbitan rights issue harus terlebih dahulu mendapat persetujuan pemegang saham melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), yang dijadwalkan 10 Maret 2016.
 
IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini
Selain itu, paparnya, persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas pernyataan pendaftaran yang sebelumnya harus disampaikan oleh XL.
 
XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE
"Penerbitan saham baru merupakan langkah penting untuk memperkuat fondasi kami dalam menyongsong agenda transformasi berikutnya. Dana dari rights issue akan kami gunakan untuk membayar kembali pinjaman dalam US$ kepada pemegang saham," kata Dian, dikutip dalam keterangan tertulisnya, Senin, 1 Februari 2016.
 
Dia menargetkan, proses penerbitan rights issue selesai pada semester pertama tahun ini. Sebagai penasihat keuangan dalam proses itu, XL telah menunjuk Mandiri Sekuritas.
 
"Harga saham akan ditentukan dan ditetapkan secara bersama oleh XL Axiata dan para pembeli siaga. Diskon harga saham diperkirakan tidak lebih dari 20 persen TERP (theoretical ex-rights issue atau harga teoritis saham) pada tanggal penetapan harga," ungkapnya.
 
Dia menjelaskan, ketentuan atas penerbitan rights issue, termasuk harga saham yang terkait dengan penawaran dan jumlah saham yang ditawarkan akan diumumkan pada waktunya. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya