Menristek Akan Kunjungi 'Iron Man' dari Bali

Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengatakan, ia akan mengunjungi I Wayan Sumardana, pria asal Bali yang dijuluki manusia robot atau belakangan disebut sebagai “Iron Man” dari Bali.
 
“Kami akan bawa tim teknis. Saya dalam bulan Februari ini akan ke Bali (mengunjungi Wayan)” ujar Nasir kepada VIVA.co.id saat ditemui di Gedung Dikti, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Februari 2016.
 
Mengenai ciptaan Wayan, Nasir mengatakan, pemerintah sangat mengapresiasi temuan Wayan. “Pemerintah itu sangat dukung, kalau bisa makin berkembang makin baik, ini lah peluang, dalam era kompetisi, inovasi-inovasi harus kita hargai," ungkap Nasir.
 
I Wayan Sumardana adalah seorang pekerja bengkel las di Jalan Gusti Ngurah Tenganan, Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.
 
Wayan membuat tangan robot dari bahan rongsokan untuk membantu tangan kirinya yang mengalami kelumpuhan akibat stroke. Bermodal alat sensor di kepala dan komponen komputer, Sumardana bisa kembali bekerja secara normal.
 
Namun, belakangan ia mengaku, tangan robotnya itu rusak, dikarenakan para peneliti berbondong-bondong mengetes alat penopang ekonomi Wayan itu.

Indonesia Bikin Robot

Bermodal Barang Bekas

Ada yang meragukan tangan robot Tawan. Tak sedikit mengagumi.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2016