Singapura Terbanyak untuk Komitmen Investasi RI di Januari

Kepala BKPM, Franky Sibarani (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah
- Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) mencatat ada 10 negara terbesar yang menyumbang komitmen investasi terbesar pada Januari 2016. Singapura menduduki peringkat teratas.

BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor
"Dari asal negara PMA (penanaman modal asing), Singapura menduduki peringkat teratas komitmen investasi yang masuk dengan nilai komitmen mencapai US$7,5 miliar," kata Kepala BKPM, Franky Sibarani, di kantor BKPM, Jakarta, Rabu, 3 Februari 2016.

Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun
Franky mengatakan, bahwa peringkat kedua negara terbesar yang mencatat komitmen investasi pada Januari 2016 adalah Tiongkok sebesar US$2,81 miliar, disusul oleh Korea Selatan US$280 juta, Jepang US$132 juta, dan Malaysia US$105 juta. 

Inggris, Australia, Amerika Serikat, Taiwan, dan Timur Tengah pun turut masuk ke dalam posisi negara 10 besar penyumbang komitmen investasi terbesar pada Januari 2016. 

Inggris mencatat komitmen investasi sebesar US$80 juta, Australia US$55 juta, Amerika Serikat US$46 juta, Taiwan US$29 juta, dan Timur Tengah US$5 juta.

Sekadar informasi, komitmen investasi yang tercatat di BKPM pada Januari 2016 sebesar Rp206 triliun. Komitmen ini naik 119 persen dari Januari 2015 yang sebesar Rp94 triliun.

"Kenaikan ini cukup baik," kata eks Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia itu.

Komitmen investasi yang sebesar Rp206 triliun ini terdiri atas komitmen investasi dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp38 triliun dan PMA sebesar Rp168 triliun. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya