Mitsubishi Bakal Pensiun Dini Karyawan?

Mitsubishi Mirage 2017.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA.co.id - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengungkapkan, PT Krama Yudha Ratu Motor (KRM) selaku mitra perusahaan resmi Mitsubishi Motor Corporation berencana menawarkan skema pensiun dini (rasionalisasi) terhadap 200 pegawainya.

Komisi IX Minta Menaker Lebih Giat dan Pro Terhadap Buruh
Presiden KSPI Said Iqbal, Senin 15 Februari 2016,  mengatakan dalam dua bulan terakhir, gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) memang semakin marak terjadi, seiring dengan rencana menekan biaya operasional perusahaan yang membengkak akibat pelemahan ekonomi.
 
Apindo Keberatan Iuran BPJS Kesehatan Naik
"Terakhir, kami menerima Mitsubishi KRM. Ada pabrik mereka yang di Pulogadung. Tidak tutup (pabriknya), tetapi rasionalisasi dan menawarkan pensiun dini. Ini juga PHK," ujar Said dalam konferensi pers di Jakarta.
 
Credit Suisse Pangkas Anggaran dan 2.000 Karyawan
Said menjelaskan, menurunnya kapasitas prduksi perusahaan itu, diyakini menjadi salah satu penyebab perusahaan melakukan efisiensi besar-besaran, guna menekan biaya operasional. Faktor lainnya, adalah kurang harmonisnya hubungan perusahaan terkait dengan para buruh.
 
Kabar buruk ini, menurutnya, menambah rentetan perusahaan yang berencana melakukan efisiensi besar-besaran tahun ini. Berdasarkan data KSPI, sampai dengan pertengahan Februari ini, ada setidaknya 12.689 orang yang di PHK.
 
"Kami bukan ingin maksud macam-macam, tetapi ini fakta. Kami cuma ingin membukakan pintu bagi pemerintah untuk bisa bertindak cepat. Ini tidak bisa dibiarkan," tegas dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya