Ketua Komisi III: KPK Membutuhkan SOP yang Jelas

Komisi III Bidang Hukum DPR: Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo berharap KPK tidak perlu panik dengan upaya revisi terhadap UU nomor 30 tahun 2002 tentang KPK.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Kembali Diproses Dewan Pengawas

Disampaikan Bamsoet, KPK membutuhkan SOP yang jelas dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

"Pertama dalam sejarah, KPK kalah dalam praperadilan. Itu karena KPK tak menjalankan SOP," ujarnya di Jakarta, Selasa 16 Februari 2016.

Hati-hati! Ada Ormas Pakai Nama Dewan Pengawas KPK

Selain itu, Bamsoet menjelaskan revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tersebut untuk menguatkan peran dewan pengawas KPK. Dewan pengawasan menjadi penting, kata Bamsoet, untuk mengantisipasi penyalahgunaan kewenangan KPK.

"Termasuk penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan pengadilan. KPK disini sangat superpower. Nah, kekuatan besar ini harus ada yang mengawasi. Kenapa harus takut diawasi," ujarnya.

Novel Minta Dewas Tak Tutup Mata soal Pejabat KPK Main Kasus

Nantinya, lanjut Bamsoet, KPK diharapkan tidak sembarangan melakukan penyadapan. KPK diharuskan meminta ijin kepada dewan pengawasan terlebih dahulu sebelum melakukan penyadapan.

Bamsoet mengungkapkan bahwa selama ini KPK cenderung melabrak aturan penyadapan. Maka untuk selanjutnya, ucap Bamsoet, penyadapan harus melalui tanda tangan kesepakatan lima pimpinan KPK.

"Penyadapan harus diatur. KPK kan manusia juga, maka perlu juga diawasi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya