17-02-1947: Siaran Radio VOA Disiarkan di Soviet

Ilustrasi Radio VOA
Sumber :
  • www.diplomaticourier.com

VIVA.co.id - Hari ini, 69 tahun silam, untuk pertama kalinya siaran radio Voice Of America (VOA) disiarkan secara resmi di Uni Soviet dalam bahasa Rusia dengan sapaan andalannya, "Hallo! Ini New York Berbicara."

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar

Dikutip dari laman History, Rabu 17 Februari 2016, radio ini sejatinya didesain sebagai propaganda Amerika Serikat, dalam kampanye melawan Uni Soviet selama Perang Dingin.

VOA memulai siaran pertama kali pada 1942, sebagai program radio yang bertujuan untuk menjelaskan kebijakan AS selama Perang Dunia II, serta meningkatkan semangat tentara sekutu yang bertugas di seluruh Eropa, Asia, Timur Tengah, dan Afrika.

Usai perang, VOA tetap menjadi bagian dari propaganda AS, khususnya Perang Dingin, dan diarahkan pada pendengar Eropa Barat. Dijelaskan bahwa VOA ingin memberikan pandangan mengenai AS terhadap para pendengarnya di negeri Tirai Besi itu.

VOA juga menyajikan cerita, kisah menarik dan musik untuk menunjukkan kehidupan di luar kawasan Uni Soviet. Secara umum, program utama VOA adalah mengenai siaran peristiwa terkini, diskusi tentang bagaimana kebijakan AS dan sistem politik bekerja,serta analisis mengenai substansi lainnya.

Dengan begitu, VOA diharapkan bisa memperluas basis pemahaman dan persahabatan antara rakyat Rusia dan AS. Terbukti, keberadaan VOA ini semakin diterima oleh pendengarnya di Soviet, khususnya Rusia. Salah satu yang digemari adalah mendengarkan alunan musik jazz. (asp)

Gelombang Aksi Protes Terpilihnya Presiden AS Donald Trump.

Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump

Amerika Serikat sedang mengalami degradasi moral.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2016