Begini Kualitas 'Halo-halo' Voice LTE Smartfren

Smartfren 4G LTE Advanced.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id –  Operator telekomunikasi Smartfren mengumumkan penambahan jangkauan 4G LTE Advancenya mereka di 85 kota. Selanjutnya, kini operator itu akan menghadirkan layanan VoLTE (Voice over LTE) untuk masyarakat luas.

Pengguna Jarang Menelepon, Gara-gara Smartfren Jagoan Data

VoLTE merupakan layanan 4G LTE yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan baik berupa suara atau ‘halo-halo’ maupun video tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Panggilan berupa suara dan video itu tidak membebani paket data, melainkan seperti menggunakan pulsa saat pengguna melakukan panggilan telepon pada umumnya.

"Smartfren jadi yang pertama di Indonesia akan meluncurkan layanan VoLTE," ujar Smartphone Product Development Head PT Smatrfren Telecom, Ario Junianto saat penjelasan mengenai teknologi VoLTE Smartfren di Penang Bistro, Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Februari 2016.

Usai VoLTE, Smartfren Jajal VoWiFi

Ario mengatakan, pada saat peluncuran layanan VoLTE akhir mingggu ini, akan dijelaskan paket-paket yang bisa digunakan pengguna untuk layanan telepon dan video. Paket tersebut dijamin akan murah.

Ario menjelaskan kelebihan layanan VoLTE Smartfren yaitu suara yang diterima antara kedua belah pihak yang berkomunikasi lebih jernih dan terasa dekat, atau kualitas HD.

2016, Smartfren Target Gandeng Semua Vendor Ponsel

Dikatakan, suara yang terdengar itu pun tanpa gangguan (noise) atau background voice. Hal itu dibuktikan pada kesempatan demo teknologi VoLTE. Saat didemokan, suara terdengar jernih dan jelas perbedaan suara panggilan dan video call menggunakan layanan VoLTE dan tanpa VoLTE.

Selain itu, keunggulan lainnya, ketika ada panggilan telepon dan pengguna tengah mengunduh, Ario menuturkan, biasanya jaringan akan menurun satu atau dua tingkat. Bahkan biasanya saat proses unduhan yang akan terputus, tapi dengan layanan VoLTE unduhan tetap lancar.

"Penggunaan telepon dan data dapat dilakukan bersamaan, koneksi data tetap running," jelas Ario.

Kemudian soal keunggulan panggilan suara dengan VoLTE, kata Ario, panggilan akan cepat tersambung. Sementara pada umumnya, pada layanan biasa rentang waktu menunggu tersambung bisa delapan detik. Dengan VoLTE Smartfren, hanya beberapa detik.

"VoLTE hanya dua detik saja," ungkapnya.

Device Planning dan Management Smatrfren, Sukaca Purwokardjono menyebutkan untuk terhubung pada layanan VoLTE, otomatis juga bergantung pada jaringan, yaitu 4G LTE Advance serta kartu yang mendukung VoLTE. Jika sudah tersedia pada jaringan 4G, maka kartu didukung pada VoLTE juga. Sukoco menambahkan, selain dua hal diatas, VoLTE Smartfren juga harus didukung oleh perangkat yang mendukung VoLTE.

"Saat peluncuran (VoLTE), kita juga akan luncurkan dua smartphone Andromax support VoLTE, yaitu seri E2 dan R2," tutur Sukaca.

Dia menambahkan, pada kuartal kedua tahun ini, Smartfren akan melakukan pembaharuan perangkat keluarannya yaitu yang mendukung pada teknologi VoLTE. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya