Ajari Anak Membaca dengan Asyik di Rumah Baca

Rumah baca Reading is Fun
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id - Sebagai orangtua pasti Anda terbayang, bagaimana sulitnya mengajak anak belajar. Ternyata hal ini terkait dengan kebiasaan sang buah hati sejak kecil.

Ibu Ini Punya Cara Kreatif Ajarkan Anak Bersih-bersih Rumah

Nah, membiasakan anak membaca sejak usia dini akan membuat mereka membawa kebiasaan tersebut hingga tumbuh dewasa, sehingga mereka tak hanya sekadar gemar, namun juga cinta membaca.

Apalagi dengan adanya gadget, kehadiran buku seolah hanya diperlukan saat membuat tugas akhir, sebagai pelengkap karena semua informasi bisa dicari secara online.
Ajari Anak Mandiri Bisa Dimulai Sejak Usia di Bawah 1 Tahun
 
Sejauh apapun mata memandang, kebiasaan yang selalu terlihat adalah, orang-orang baik muda dan tua sibuk dengan gadget mereka.
Ajarkan Ini pada Anak Laki-laki Sebelum 18 Tahun
 
Orangtua sendiri, meskipun berpendidikan tinggi, mereka sibuk dengan gadget, dan membiasakan anak bermain gadget agar tidak mengganggu, atau agar mereka diam.
 
Dilatarbelakangi keprihatinan tersebut, seorang ibu dan dua orang temannya memutuskan mengubah kebiasaan anak mereka agar lebih cinta membaca, dan mendirikan rumah baca Reading is Fun.
 
"Ide awalnya concern karena anak sekarang lihat kanan kiri main gadget, enggak suka baca. Lingkungan juga berpengaruh. Anak baca di rumah, tapi begitu keluar teman-temannya sibuk dengan gadget dan televisi," ujar Nurbaini Hafmaya, Founder and Managing Partner Reading is Fun, pada VIVA.co.id saat ditemui beberapa waktu lalu.
 
Dengan membiasakan si kecil melihat kata sejak kecil, bagi mereka layaknya melihat benda visual. Anak akan lebih cepat paham apa yang dia baca dan akan senang membaca hingga dewasa. Semakin terekspos dengan buku, itu semakin baik. Anak juga akan selalu merasa membaca itu seperti bermain, bukan belajar.
 
Terletak di jalan Kerinci, rumah baca ini terlihat sangat nyaman, meski tidak banyak mainan yang ada di dalamnya, namun ada sekitar 3.000 koleksi buku yang bisa dinikmati anak mulai usia  enam hingga 10 tahun.
 
Tempat dimana anak merasa bermain, padahal sedang belajar ini juga sering mengadakan program untuk ibu dan pengasuh. Dimana mereka bisa belajar bagaimana membacakan dongeng dengan baik dan bagaimana menstimulasi anak dengan baik saat dirumah.
 
Kebiasaan membaca, kedepannya akan sangat menguntungkan tidak hanya bagi anak namun juga orang tua.
 
"Gadget bisa diajarkan kapanpun, nenek-nenek saja senang diajarkan, tapi tidak dengan buku. Ajari anak mencintai buku sebelum kelas 3 SD, capeknya sampai usia delapan hingga sembilan tahun saja, nanti kedepannya gampang. Belajar apapun jadi lebih gampang. Baca itu akan jadi beban kalau tidak dibiasakan sejak kecil," kata Nurbaini.
 
Info Lokasi:
Reading is Fun
Jl Kerinci III no.9, Kebayoran Baru, Jakarta
Jam buka : 09.30-17.00 WIB
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya