Permintaan Bensin Naik, Harga Minyak Menguat

Sumur minyak mentah.
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Cullen

VIVA.co.id - Harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) dan Brent menguat pada penutupan perdagangan Rabu waktu New York. 

Stok Minyak Dunia Melimpah, Harga Terus Jatuh
Dilansir CNBC, Kamis, 25 Februari 2016, penguatan harga minyak disebabkan besarnya permintaan bensin mampu mengimbangi kekhawatiran atas rekor tertinggi pasokan minyak mentah di pasar global saat ini.
 
Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
Data dari pemerintah Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa pasokan minyak mentah bertambah 3,5 juta barel pada pekan lalu menjadi 507 juta barel.
 
OPEC Berencana Tahan Pasokan, Harga Minyak Naik
Namun, jumlah permintaan bensin di AS selama empat pekan terakhir naik lebih dari lima persen dibandingkan tahun lalu. Persediaan bahan bakar kendaraan roda dua juga meluncur ke rekor tertinggi. 
 
Minyak AS alias WTI ditutup pada level US$32,15 per barel, atau naik 28 sen (0,88 persen) dibanding perdagangan sebelumnya. Harga minyak mentah jenis Brent menguat US$1,21 di posisi US$34,48 per barel. 
 
Sayangnya, harga minyak saat ini masih dibayang-bayangi oleh pernyataan Menteri Minyak Arab Saudi, Ali al-Naimi, yang pada Selasa kemarin mengatakan tidak akan memangkas jumlah produksi minyak.
 
Sikap yang sama juga dilakukan Iran yang menentang langkah untuk membekukan produksi minyak mentah.
 
Namun, Menteri Perminyakan Venezuela mengungkapkan, OPEC dan non-OPEC tetap merencanakan untuk mengadakan perundingan pada pertengahan Maret membahas gagasan pembekuan produksi minyak.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya