Apple Bakal Rilis iPhone 4 Baru, Ini Spesifikasinya

Pembeli iPhone 4S di Shanghai, China pada 2012 lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA.co.id –  Apple dikabarkan punya acara khusus pada 21 Maret nanti. Pada tanggal tersebut, Apple diperkirakan akan merilis iPhone 4 inchi dan iPad 9,7 inchi. Namun ada kabar yang menyebutkan acara Apple akan diselenggarakan pada 22 Maret.

Kabar Buruk bagi Anda Pemilik iPhone 4

Dikutip dari Apple Insider, Senin, 29 Februari 2016, menurut beberapa sumber, di antaranya website Korea Selatan UnderKG, pekan lalu karyawan Apple telah meminta agar acara 22 Maret agar dirahasiakan.

Produksi iPhone 4 inchi yang baru dikatakan telah dilakukan untuk memenuhi tenggat rilis Maret tersebut.

Penjualan iPhone Terpuruk, Bos Apple Salahkan Ekonomi Global

Bicara soal soesifikasi, iPhone 4 generasi terbaru diprediksi hadir dengan dukungan balutan logam, desain sudut melengkung sama seperti pada iPhone 6s. Sedangkan di bagian dapur pacu, iPhone 4 inchi terbaru itu diperkirakan akan didukung dengan prosesor A9 dan dukungan komunikasi NFC untuk Apple Pay. Soal nama, dikabarkan iPhone 4 generasi terbaru itu akan mengusung iPhone 6c atau iPhone 5SE.

Pekan lalu, skema baru yang bocor menunjukkan model iPhone baru itu akan menampilkan estetika yang identik dengan iPhone high end yang selama ini sudah dikenalkan perusahaan.

Usai Karyawan Meninggal, Pabrik iPhone Buka-bukaan

Sementara itu, kabar acara Apple itu juga makin menarik dengan prediksi yang disampaikan oleh analis terkenal KGI Securities, Ming-Chi Kuo.

Dia selama ini dikenal dengan prediksinya yang nyaris tepat bila bicara dengan produk Apple. Mengutip dari Mac Rumor, Kuo mengklaim iPhone terbaru 4 inchi itu akan hadir dengan kamera utama 12 megapiksel, bukan 8 megapiksel sebagaimana selama ini yang dirumorkan.

Kuo juga menguatkan spesifikasi Phone itu juga sama dengan spesifikasi iPhone 6s, dengan prosesor A9 dan NFC untuk Apple Pay. Kuo mengatakan untuk desain sama dengan iPhone 5s dan soal layar akan sama dengan iPhone 6.

Soal kapasitas, iPhone 4 inchi baru, menurut Kuo, akan hadir dengan kapasitas penyimpanan 16 GB dan 64 GB dan dukungan baterai 1642 mAh, lebih besar dibandingkan dengan baterai milik iPhone 5s.

KGI Securities mengharapkan pengirman iPhone 4 generasi terbaru ini akan tumbuh 131 persen dari tahun ke tahun dan bisa menembus sampai 37 juta unit pada 2016.

Soal harga, Kuo memperkirakan iPhone 4 generasi terbaru itu akan dihargai US$400-500 atau Rp5,3-6,6 juta di Amerika Serikat. Harga yang terbilang terjangkau untuk Apple itu diperkirakan khusus menargetkan segmen mid end dan mendorong penjualan iPhone di pasar berkembang misalnya China maupun India. Ini bisa dibandingkan dengan harga US$649 (Rp8,65 juta) untuk iPhone 6s. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya