Pemerintah Minta Pertamina Punya Blok Migas di Azerbaijan

Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Pemerintah mendorong PT Pertamina berinvestasi di sektor hulu di Azerbaijan, baik investasi langsung maupun kepemilikan saham.

PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
"Kami mendorong Pertamina agar punya blok-blok di sana," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), IGN Wiratmaja Puja, di gedung DPD, Jakarta, Selasa 8 Maret 2016.
 
Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW
Menurutnya pemerintah masih menjajaki kemungkinan perusahaan pelat merah ini punya saham blok migas perbatasan Asia-Eropa ini.
 
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
Wiratmaja menambahkan pihaknya ingin Pertamina bisa punya saham di blok migas walaupun tidak 100 persen, seperti Petronas.
 
Produksi minyak Azerbaijan kurang lebih sama dengan Indonesia, yaitu 800 ribu barel per hari (bph). Tapi, negara itu masih bisa mengekspor minyak mentahnya hingga 600 ribu bph.
 
"Produksi mereka hampir sama dengan Indonesia, tapi kan penduduknya sedikit," kata dia.
 
Selain itu, Wiratmaja mengatakan Indonesia dan Azerbaijan telah menjalin kerja sama di sektor migas, yaitu Azerbaijan mengekspor minyak mentah jenis sweet oil ke Indonesia sebanyak satu juta barel per bulan. 
 
"Dulu, kita, kan, beli crude dari Azerbaijan secara tidak langsung. Nah, sekarang dengan kerja sama ini kita bisa impor crude langsung," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya