Perlukah Mentor Finansial untuk Manajemen Keuangan?

Ilustrasi mentor investasi.
Sumber :

VIVA.co.id - Apakah Anda membutuhkan seorang ahli untuk mengelola keuangan atau mengatasi masalahnya? Bila iya, itu lah tugas mentor finansial.

Mentor finansial merupakan seseorang yang dipercaya dan memiliki pengetahuan keuangan yang cukup baik untuk memecahkan masalah keuangan. Mentor finansial ada berbagai macam, seperti konsultan keuangan untuk perusahaan atau mentor manajemen perencanaan keuangan pribadi.

Kapankah saat yang tepat untuk mencari mentor finansial untuk manajemen keuangan pribadi? Mentor finansial memang dapat membantu saat memecahkan masalah keuangan. Namun, akan lebih baik jika Anda bisa mencegah timbulnya masalah-masalah manajemen keuangan pribadi sedari awal, bukan?

Mentor finansial tentu memiliki pengetahuan keuangan yang baik. Oleh sebab itu Anda perlu mencari mentor finansial untuk mencontoh prinsip dan nasihat keuangan mereka agar lebih dekat menuju kesuksesan finansial.

Meskipun disebut mentor, tidak berarti kamu harus menyiapkan kocek ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk mendapatkan berbagai nasihat manajemen keuangan pribadi. Banyak cara untuk mencari mentor finansial dengan gratis, atau berbekal sedikit kocek saja.

Nah, coba simak empat cara mencari mentor finansial yang tepat untuk Anda:

1. Coba minta nasihat dari anggota keluarga

Tidak perlu jauh-jauh, Anda juga bisa bertanya soal nasihat keuangan dari anggota keluarga sendiri. Misalnya, bertanya kepada orang tua bagaimana cara mereka mengumpulkan uang dan menabung untuk membeli tempat tinggal, membiayai Anda hingga lulus sekolah dan kuliah, atau membuka bisnis sendiri.

Kelebihan memiliki mentor finansial dari anggota keluarga sendiri adalah Anda cenderung lebih terbuka untuk bercerita masalah keuangan yang sifatnya agak pribadi.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Mengajarkan Konsep Keuangan yang Fun Kepada Anak? Simak di Sini!

2. Buku merupakan jendela dunia, termasuk dunia keuangan

Cobalah pergi ke toko buku dan periksa area bagian manajemen keuangan. Biasanya, Anda akan menemukan berbagai buku yang membicarakan topik manajemen keuangan pribadi, cara berinvestasi atau membuat anggaran keluarga.

Anda bisa membeli buku manajemen keuangan yang kira-kira cocok untuk Anda, dan mencari tahu karya lain dari penulisnya yang berkaitan dengan manajemen keuangan pribadi. Selain itu, sang penulis mungkin memiliki blog pribadi yang berisi berbagai tips manajemen keuangan, dan Anda bisa berkonsultasi di blog miliknya.

3. Minta nasihat dari teman atau rekan kerja

Daripada menghabiskan waktu untuk bergosip, cobalah perhatikan teman atau rekan kerja Anda. Anda bisa memperhatikan gaya hidup teman di kantor atau teman nongkrong. Cobalah untuk membuka percakapan tentang manajemen keuangan pribadi, seperti cara apa yang mereka lakukan untuk menabung dan sebagainya.

Kalau sudah menemukan teman yang tepat untuk diajak bicara manajemen keuangan pribadi, Anda bisa berkosultasi dengan teman tersebut jika ada masalah keuangan atau sekedar meminta tips-tips keuangan. 

Baca juga: Sedang Cari Trik Hemat Membeli Perabotan Rumah & Elektronik? Cek di Sini!

4. Jelajahi situs online

Zaman sekarang merupakan jaman berteknologi canggih. Anda bisa mudah mendapatkan informasi apapun di internet. Manfaatkan mesin pencari online atau media sosial untuk menemukan berbagai informasi tentang manajemen keuangan pribadi. Anda bisa menemukan berbagai website yang memberikan berbagai nasihat keuangan yang dapat dijadikan sebagai mentor finansial.

Berbagai website tersebut juga ada yang memberikan fitur tambahan. Sebagai contoh, Anda bisa membandingkan berbagai produk pinjaman tanpa agunan yang tepat sesuai kebutuhan kamu di HaloMoney.co.id. Anda juga dapat membaca-baca berbagai tips manajemen keuangan pribadi di sana. Jadi, mentor finansial tidak harus selalu berupa orang sungguhan.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

(ren)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016