ComicFest ID, Wadah Baru Bagi Komikus Lokal

Comic fest 2016
Sumber :
  • Lynda Hasibuan/ VIVA
VIVA.co.id
Festival Bunga Tomohon Disaksikan Ribuan Wisatawan
- Sebuah event kreatif khusus komik yang didaulat untuk memajukan perkomikan Indonesia bernama ComicFest ID akan segera digelar. Acara tersebut akan berlangsung pada 28-29 Mei 2016 mendatang di SMESCO Exhibition Hall, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta.

Film Comic Casino King Sabet Piala Antemas

Selain dapat memperkenalkan karya para komikus lokal Indonesia, event ini juga akan diramaikan oleh tamu komikus internasional serta cosplayer dari mancanegara. ComicFest ID ini akan memfokuskan diri pada komik Indonesia dan industri pendukungnya, berbeda dengan sejumlah event event pop-culture yang mengafiliasi dari brand luar negeri.
Festival Kota Tua Habiskan Rp10 Miliar, Wagub Djarot Kaget


Tidak hanya itu, adanya acara ComicFest ID pun ingin menunjukkan kepada publik, potensi dan kualitas komik Indonesia yang telah mengalami kemajuan pesat selama beberapa tahun terakhir.


“Kami ingin mengapresiasi seluruh komikus lokal dan mendorong komik Indonesia ke pentas yang lebih tinggi. Oleh karena itu kami harapkan agar kita semua dapat bersatu di ComicFest ID dan kami ingin memberikan booth khusus bagi para komikus senior serta stage time untuk mereka," ujar Direktur Utama PT Wahana Inspirasi Nusantara Chris Lie kepada
VIVA.co.id
, Kamis 17 Maret 2016.


Lebih lanjut ia menambahkan bahwa untuk komikus pendatang baru maupun yang bermain di jalur independen akan disediakan tempat dengan harga yang amat terjangkau. Hal ini semata untuk memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk mempromosikan karya mereka kepada khalayak luas.


Hebatnya lagi, ComicFest juga telah mempersiapkan visi untuk eksis di

luar negeri ke depannya. Dengan harapan dapat meramaikan pasar internasional khususnya ASEAN.


"Kami ingin membuktikan bahwa komikus kita juga memiliki talenta serta daya saing yang tinggi dan siap meramaikan pasar internasional, khususnya ASEAN di era MEA ini. Oleh karenanya acara ini kami namakan ComicFest supaya ke depannya juga lebih mudah untuk dibawa ke luar negeri," kata Chris.


Dikatakannya, sejumlah
cosplayer
dari luar negeri yang dihadirkannanti akan ikut meramaikan
live performance
The Grand Legend

Ramayana atau kisah Ramayana yang dimodernisasi dan diadaptasi dari komik lokal berjudulsama. Kemudian dari sisi industri kreatif, ComicFest ID akan mempersatukan kekuatan para pelaku komikus Indonesia, mulai dari para komikus senior dengan karya mereka yang monumental di masa lalu hingga komikus kontemporer, termasuk memberikan ruang bagi komikus junior serta komikus yang berjuang di jalur independen.


“Kami telah menyiapkan lebih dari 60 space untuk pemain komik

lokal Indonesia dan sekitar 40% kami khususkan bagi komikus independen dengan harga yang amat terjangkau,” ungkapnya.


Chris juga mengaku sangat optimis dengan kebangkitan komik Indonesia yang semakin terbuka jalannya di depan, meskipun tentunya diperlukan kedisiplinan dan etos kerja profesional untuk mewujudkan impian ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya