Sambut Milad, Fraksi PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
Sumber :

VIVA.co.id – Dalam rangka menyambut Milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke-18 pada April 2016 mendatang, Fraksi PKS DPR RI menggelar Lomba Baca Kitab Kuning bagi para santri/pelajar seluruh Indonesia.

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Menurut Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, lomba tersebut telah direncanakan sejak lama dan tujuannya untuk meningkatkan kecintaan generasi muda Indonesia pada khazanah ilmu Islam yang langsung bersumber dari rujukan utamanya, dimana telah berpuluh-puluh tahun telah dipelajari di seluruh pesantren di Indonesia.

"Lomba ini sudah sejak lama kami rencanakan. Karena PKS adalah partai dakwah yang sangat akrab dengan khasanah agama, termasuk kitab kuning," kata Ketua FPKS, Jazuli dalam konferensi pers di Fraksi PKS, Gedung Nusantara 1, Senayan, Jakarta, Kamis 17 Maret 2016.

Tujuan lainnya kata dia, lomba itu sebagai cara PKS menjunjung tinggi ulama salaf dan warisannya agar tetap memiliki tempat mulia di kalangan generasi muda.

"Bangsa Indonesia sangatlah dijiwai oleh nilai-nilai agama dan relijiusitas. Sehingga, khazanah ilmu keagamaan, seperti Kitab Kuning ini harus terus dikembangkan di tengah masyarakat dan dipelajari terus khususnya bagi anak-anak muda," ujarnya.

Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI, Begini Kata Abdurrahman Suhaimi

Sebelumnya, Fraksi PKS pernah menyelenggarakan Seminar Nasional tentang Peranan Santri dalam Bingkai Kebangsaan dalam rangka Hari Santri 22 Oktober.

Oleh karenanya, kata dia, Lomba Kitab Kuning itu adalah satu rangkaian yang tak terpisahkan dari kegiatan tersebut.

"Melalui lomba ini sekaligus kita ingin agar bangsa Indonesia tidak melupakan ruh kebangsaan kita sebagai bangsa yang relijius. Ulama dan santri memiliki peran dan kontribusi luar biasa dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan," katanya.

Jazuli mengatakan, Lomba Baca Kitab Kuning PKS ini diperuntukkan bagi kalangan muda yang berusia 15-25 tahun, atau minimal pendidikan aliyah.

Dia menjelaskan, untuk dapat mendaftarkan diri, para santri/pelajar tersebut harus mendapatkan rekomendasi dari pimpinan pesantren, baik Kyai, Tuan Guru, maupun Ustadz/dzah.

Pendaftaran Lomba Baca Kitab Kuning PKS ini telah dibuka sejak 14 Maret 2016 - 6 April 2016. Kitab yang dibaca adalah Kitab Fathul Mu'in karya Syeikh Ahmad Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Ma'bari Al-Malibari Al-Fananni Asy-Syafi'i.

Juara pertama adalah Umrah ke tanah suci Mekkah, sedangkan juara II dan III berturut-turut mendapatkan hadiah Rp20 juta dan Rp15 juta rupiah.  (rin)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya