Menteri Susi Bakal Tenggelamkan Lagi 8 Kapal di Akhir Pekan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Antara/Joko Sulistyo

VIVA.co.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti mengatakan akan segera menenggelamkan kembali setidaknya delapan kapal asing ilegal akhir pekan ini. Sebelumnya, pemerintah juga sudah menenggelamkan 32 kapal ikan asing yang melanggar wilayah kelautan Indonesia.

"Minggu ini iya, yang sudah inkrah itu delapan kapal, dari Malaysia, Thailand, dan Vietnam," ujar Susi di Gedung KKP, Jakarta, Kamis 17 Maret 2016.

Menurut Susi, dalam dua bulan terakhir KKP berhasil menangkap 40 kapal asing ilegal di perairan Indonesia. Kapal-kapal tersebut rata-rata melanggar karena tanpa dilengkapi dokumen resmi dan menggunakan penangkap ikan jenis jaring trawl, yang dilarang pemerintah.

Peningkatan pengawasan dan penangkapan terhadap kapal ikan asing yang melakukan penangkapan ikan ilegal terjadi setelah adanya pembentukan satuan tugas (satgas) 115. Tergabung didalamnya yakni KKP, TNI AL, Polri serta instansi terkait lainnya.

"Ini menunjukkan peningkatan pengawasan dan keamanan lebih baik. Satu atap, Polisi air, TNI angkatan laut yang sudah ditenggelamkan 32 kapal," ujar Susi.

Satgas 115 merupakan satgas yang bertanggung jawab langsung kepada presiden, dan bertugas mengembangkan dan melaksanakan operasi penegakan hukum dalam upaya pemberantsan penangkapan ikan secara ilegal.

 

Kapal Ikan Asing Pencuri Ikan Tak Jera Masuk Laut Indonesia
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Menteri Susi Pergoki Kapal Asing 'Ganti Baju' di Benoa

Kapal eks asing itu dimodifikasi seolah milik kapal nelayan Indonesia

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016