Gaji Pria Lebih Tinggi Dibanding Wanita di Lima Negara Ini

Ilustrasi terima gaji.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Sebuah studi menunjukkan bahwa di beberapa negara maju, pendapatan pria lebih besar empat hingga enam persen setiap bulannya dibanding wanita. Meskipun, memiliki jabatan sama dengan bos yang sama. 

LinkedIn Rilis Kalkulator Gaji
Dilansir dari CNBC, Kamis 24 Maret 2016, studi yang bertajuk pelacak gaji tersebut dilakukan oleh sebuah situs Glassdoor beberapa waktu lalu. Situs tersebut mengumpulkan ratusan ribu laporan upah dan kondisi kerja para pekerja di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, dan Australia. 
 
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
Hasil survei tersebut menunjukkan, di lima negara tersebut gaji pria dan wanita dengan jabatan, perusahaan, pendidikan, dan pengalaman yang serupa, tetap ada perbedaan. 
 
Ini Gambaran Indahnya Hidup Tanpa Utang
Pria mendapatkan 6,3 persen gaji lebih besar dibanding wanita di Prancis. Sementara itu, di Jerman dan Inggris, gaji pria lebih besar 5,5 persen dibanding wanita. Kemudian di AS, pria memiliki gaji 5,4 persen lebih besar, dan di Australia, gaji wanita lebih rendah 3,9 persen dibanding pria. 
 
Penulis laporan ini, Kepala Ekonom di Glassdoor, Andrew Chamberlain mengatakan, diskriminasi gender bukan alasan utama terjadinya kesenjangan upah. 
 
"Tetapi, karena perempuan dan laki-laki cenderung untuk mengejar karir yang berbeda di awal karirnya," ungkapnya. 
 
Menurut Organisasi perburuhan internasional,  secara global, perempuan hanya memeroleh pendapatan 77 persen dari yang pria dapat. Kesenjangan pendapatan terus menurun tiap tahunnya, tetapi berjalan lambat. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya