HNW Minta Jamaah Haji untuk Doakan Bangsa Indonesia

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
Sumber :

VIVA.co.id – Ibadah Haji memberikan kenikmatan yang luar biasa bagi mereka yang mengerjakan. Berapapun banyaknya seseorang sudah melaksanakan ibadah haji, ia pasti  ingin mengulang dan mengulangnya kembali. Karena itu wajar jika jumlah calon jamaah haji terus bertambah.

Namun,  ibadah haji harus dilakukan sesuai rujukan, yaitu Al Quran dan Hadis. Haji tidak boleh dilakukan semaunya sendiri, apalagi sampai tidak sesuai dengan Al Quran dan Sunah. Karena ibadah haji memang memiliki terminologi syariah yang harus dilakukan secara ikhlas. Termasuk ikhlas mengikuti ketentuan syariah berhaji.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid saat menyampaikan ceramah dihadapan calon jamaah haji di lingkungan Bank Indonesia. Acara tersebut berlangsung di masjid BI, Sabtu (26/3). Sebanyak 30 orang  calon jemaah haji dikalangan karyawan BI itu rencanya akan diberangkatkan bersama oleh KBIH Baitul Ikhsan Masjid BI.

Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI, Begini Kata Abdurrahman Suhaimi

Karena itu kata Hidayat, tidak benar jika ada orang yang mengatakan bahwa haji bisa dilakukan cukup dengan niat. Atau haji bisa dilaksanakan di luar musim haji. Haji yang dilakukan di luar Mekah juga bukanlah haji yang benar. Karena semua itu,  tidak sesuai syariah haji.

"Tidak boleh juga mengatakan, dari pada  boros, lebih baik uangnya didepositokan, lalu hasilnya dipakai untuk membina anak yatim atau membantu masjid, itu jelas tidak sama dengan melaksanakan ibadah haji,” kata Hidayat menambahkan.

PKS Kecam Dubes Ukraina Surati Presiden: Enggak Punya Akhlak

Intinya kata Hidayat haji harus dilakukan dengan ikhlas. Termasuk saat nanti sudah kembali dari berhaji.  Harus terus bergaul dengan masyarakat dan makin rajin beribadah.

"Jangan lupa, saat di Mekah untuk mendoakan bangsa Indonesia. Semoga Indonesia yang menghadapi berbagai kondisi darurat, ini bisa segera keluar dari berbagai persoalan yang menghimpitnya,” kata Hidayat menambahkan. (rin)

Presiden Jokowi Bersama Sejumlah Menteri di Tempat Kemah Titik Nol IKN

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Anggota Komisi V dari fraksi PKS meminta pemerintah untuk mengkaji serius dampak penarikan investasi di IKN tersebut. Jangan perbesar pemakaian APBN.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022