Pria Ini Klaim Bisa Bikin Robot Super Cantik

Ricky Ma dengan robot cantik kreasinya.
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip

VIVA.co.id – Ricky Ma, seorang pencinta robot berusia 42 tahun, menghabiskan waktu 1,5 tahun untuk menciptakan humanoid atau robot mirip manusia. Memang banyak yang telah melakukan gebrakan menciptakan robot mirip manusia, namun ciptaan Ma ini terbilang sangat unik.
 
Ia mampu membentuk robot dengan wajah yang supercantik, Ibaratnya, mirip dengan “bintang Hollywood”.
 
Robot cantik itu disebut Ma dengan nama Mark 1. Ternyata naluri untuk menciptakan robot seperti bintang Hollywood adalah impian Ma sejak kecil.
 
Tak tanggung-tanggung, untuk merangkai Ma, ia harus merogoh kocek lebih dari HK$400 ribu atau setara Rp670 juta.
 
“Selama proses ini banyak orang bertanya kepada saya, 'Apakah Anda bodoh? Ini membutuhkan banyak uang. Apakah Anda tahu bagaimana melakukannya?' Ini benar-benar sulit," kata Ma, seperti dilansir Reuters, Jumat 1 April 2016.
 
Ia pun tak menampik sering menemui banyak hambatan dalam membuat robot ini. Beberapa di antaranya seperti motor listrik robot yang terbakar hingga robot kehilangan keseimbangan dan terguling.
 
“Saya harus menguasai ‘topik asing’ dari electromechanics ke programing sepanjang jalan, selain belajar bagaimana menyesuaikan kulit eksternal robot dengan komponen-komponennya,” ucap Ma.
 
Ia pun berharap ada investor yang mau membeli prototipe robot yang telah ia buat itu. Ma pun bisa mengukir prestasi lagi dan ia berangan membuat sebuah buku tentang pengalamannya tersebut. (ren)

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan
Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023