Komisi XI Usulkan Revisi UU Perbankan

Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan
Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Heri Gunawan mengatakan bahwa kehadiran investor asing pada perbankan nasional memiliki dampak positif dan negatif karena implikasi kehadirannya dipengaruhi oleh banyak faktor dan kondisi.

Demikian disampaikan Heri saat menanggapi adanya mayoritas kepemilikan saham asing di sektor perbankan di Indonesia.

Paling tidak, lanjut dia, ada beberapa dampak negatif yang ada dan berpotensi timbul dari besarnya kepemilikan asing di sektor perbankan.

"Pertama, pasokan kredit perbankan kurang dapat berkembang ke sektor-sektor produktif, karena sebagian besar kredit bank-bank yang dimiliki asing lebih menfokuskan pada sektor jasa dan konsumsi yang memiliki return tinggi. Sementara kredit sektor produktif seperti pertanian, manufaktur dan infrastruktur dan sebagainya kurang diminati," ujar eks Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini di Kompleks Parlemen Jakarta, Rabu 6 April 2016.

Selain itu, menurutnya, kehadiran investor asing di sektor perbankan belum mampu menciptakan efisiensi industri, sebaliknya yang terjadi hanya kompetisi antar bank pada segmen-segmen tertentu sehingga secara umum tidak ada peningkatan efisiensi sebelum dan sesudah investor asing masuk.

Lebih lanjut Heri menjelaskan bahwa dalam konteks lalu lintas keuangan global, besarnya kepemilikan asing di sektor perbankan berpotensi meningkatkan resiko di sisi fiskal dan moneter jika terjadi krisis dalam bentuk pembalikan modal, investasi aset berisiko, eksposur di negara-negara dengan resiko tinggi seperti Eropa, Amerika dan lain-lain.

Untuk itu, Heri menyarankan berbagai upaya antisipasi dapat dilakukan terkait masalah yang mungkin timbul akibat persoalan kepemilikan.