Wali Kota Semarang Ingin Kembangkan Robot Pemadam Api

Tim Robotik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang telah berlaga dalam kompetisi di Amerika Serikat (2-3/04/2016).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berencana mengembangkan teknologi Semarang, Jawa Tengah yang berhasil menyabet juara umum di Amerika Serikat pada 2-3 April 2016.

Robot pemadam api yang berhasil menjuarai lomba bertajuk Trinity College Fire Fighter Home Robot Contest itu akan diuji coba di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang.

"Saya akan undang teman-teman untuk mengkaji kemungkinan teknologi robot tersebut dapat dikembangkan guna kebutuhan pemadam kebakaran di Kota Semarang," kata pria yang akrab disapa Hendi itu di Semarang, Rabu 6 April 2016.

Hendi mengatakan prestasi Tim Robotik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang itu patut mendapat dukungan penuh pemerintah. Apalagi mereka telah menorehkan nama besar Indonesia di mata internasional.

"Ini kebanggaan buat Kota Semarang dan Indonesia. Bendera Indonesia berkibar di sana maka tugas kita untuk mengembangkan lebih jauh," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Pada Senin pekan depan, Hendi secara khusus mengundang Tim Robotik Unissula yang telah berjuang di Amerika. Ia berharap agar robot modern hasil karya mahasiswa ini menjadi proyek percontohan untuk diterapkan di dinas terkait. Khususnya Dinas Pemadam Kebakaran.

Sebelumnya, tiga mahasiswa yang tergabung dalam tim Robotik Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Unissula Semarang berhasil memboyong juara umum lomba robotik di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hartford, Amerika Serikat. Ketiganya antara lain Faizal Aminuddin Aziz (22), La Ode Muhamad Idris (21), dan Ahmad Zuhri (21).

Sebuah prestasi membanggakan karena mereka menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang sanggup mengalahkan 80 peserta lain dari negara-negara dunia. Seperti halnya negara bagian di Amerika Serikat, Tiongkok, Israel, dan negara maju lainnya.

Beberapa robot pemadam api yang diikutkan putra Semarang itu masing-masing, dua robot pemadam api beroda bernama Khaum I dan Khaum II serta dua robot pemadam api berkaki yang diberi nama Sultan Agung I dan Sultan Agung II.

Sejumlah kategori juara diraih oleh Tim robotik asal Universitas Islam terkemuka di Semarang itu. Di antaranya, juara I dan kategori senior robot pemadam api beroda, juara I dan II pada kelas Robot pemadam api berkaki dan penghargaan robot dengan performa terbaik serta best score pada level 2 dan 3.
 

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan
Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023