Halalkah Kosmetik Korea?

Ilustrasi kosmetik
Sumber :
  • REUTERS/ Stefano Rellandini

VIVA.co.id - Sejalan dengan kepopuleran bintang-bintang Korea di Asia hingga Amerika Serikat, keberadaan berbagai produk Korea pun menjadi incaran banyak orang. 

Khofifah Teken Kesepakatan Dua Produk Halal

Mulai dari makanan, makanan kemasan, aksesori, ponsel, hingga kosmetik. Beberapa tahun lalu, di Indonesia sendiri merek-merek kosmetik Korea tidak sebanyak saat ini.

Sekarang, saat berada di dalam mal, kita dimanjakan dengan berbagai produk Korea. Mereka memasang para artis idola sebagai model iklannya. Hal itu dinilai sangat efektif.

BPOM: Kosmetik Halal Semakin Diminati

Namun, di samping semakin maraknya produk kosmetik asal Negeri Ginseng tersebut, kehalalan produk kecantikan Korea masih dipertanyakan.

Korea Muslim Federation, mengatakan bahwa sejauh ini hanya ada satu produk kosmetik yang telah terbukti halal. Dilansir Kpopherald, produk itu adalah lembar masker wajah yang dibuat merek lokal Dr.Maris, sebuah merek kosmetik lokal. 

Setelah Serang Gereja, KKB Menuju Sekolah Bikin Guru Ketakutan hingga Lari ke Hutan

Kemudian, perusahaan Talent Cosmetic, menjadi perusahaan kosmetik pertama yang mendapat sertifikat halal dari lembaga sertifikasi Halal Malaysia, JAKIM, untuk 141 produk miliknya. Hingga saat ini, perusahaan masih berusaha mendapatkan lebih banyak sertifikasi halal untuk produknya.

Bulan lalu, Cosmax, fasilitas pabrik kosmetik Korea Selatan cabang Indonesia mendapat sertifikat halal MUI, "Sebuah cerminan yang membuktikan keseriusan perusahaan untuk fokus pada bisnis yang halal," tulis perusahaan tersebut.

Selain dua perusahaan di atas, belum ada perusahaan kosmetik Korea ternama yang membuat kemajuan signifikan dalam mendapatkan sertifikat halal untuk produk mereka.

"Ada perbedaan kompetitif yang cukup signifikan dalam menjual produk, dengan ada atau tidak ada logo halal di negara Muslim," ujar Jang Geon, Presiden Korea Institute of Halal Industry (KIHI).

"Segera berubah dengan sertifikasi halal akan menjadi prasyarat bagi kesuksesan sebuah merek di negara Muslim," tambahnya.

Disamping pernyataan yang diungkapkan KIHI tersebut, perusahaan kosmetik top Korea tampaknya belum memiliki rencana konkrit tentang ini. Belum ada merek ternama yang mendapat sertifikat halal bagi setiap produknya.

AmorePacific, pemilik merek seperti Iope, Innisfree, mengatakan mereka masih dalam proses penelitian kosmetik halal.

Sedangkan LG Household & Health Care, pemilik merek The Face Shop, melalui juru bicaranya Kim Min Jung mengatakan "Saat ini belum melihat lebih dalam untuk mendapat sertifikat halal produk kosmetiknya."

Able C&C, pemilik merek Missha, melalui juru bicaranya Kim Hong Tae menyatakan sedang membahas soal opsi sertifikasi halal untuk produk kosmetik mereka. 

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya